3 Manfaat dan Risiko dari Filler Wajah

July 31, 2021

Kylie Jenner adalah trend setter para wanita muda. Saat dia mengaku melakukan filler wajah, para fans langsung mengikuti jejaknya. Bibir ala Kylie Jenner langsung jadi perbincangan.

Apa itu Filler Wajah?

Filler wajah adalah proses kecantikan dengan cara menyuntikkan cairan hyaluronic acid. Titik penyuntikannya di bawah permukaan kulit di bagian tubuh yang diinginkan pasien, misalnya bawah mata, hidung, dagu, dan sebagainya. Cara kerjanya adalah dengan mengisi lapisan kulit yang sudah kendur. Hasilnya, kulit tampak lebih muda, cerah, dan tanpa kerutan. Selain itu, kamu juga bisa meniruskan wajah dan membentuk dagu dengan filler lho. Filler wajah banyak dilirik bukan hanya karena hasilnya yang cantik tetapi juga harga suntik filler relatif lebih murah. Selain itu, karena hasil filler tidak permanen, maka resiko pun bisa diminimalisir. Ketahanan filler pun berbeda-beda, yaitu mulai 6 bulan. Tergantung bahan yang digunakan.

Cara Merawat Bagian Tubuh yang Telah di-Filler

Setelah filler, Kamu harus berhati-hati. Karena bagian tubuh yang di-filler harus dirawat agar tidak terjadi resiko. Perawatan hariannya mudah kok, tetapi harus rutin.

  1. Jaga kebersihan kulit.
  2. Hindari perawatan lain, seperti laser, peeling cream, dan mikrodermabrasi. Larangan ini harus kamu taati sampai 2 minggu setelah filler.
  3. Hindari olahraga high impact. Tunggu lah satu sampai tiga hari agar wajah terasa lebih nyaman. Atau, selama satu sampai tiga hari pasca filler, kamu bisa olahraga ringan saja.

Memang terlihat sepele tapi tidak boleh dilupakan ya. Kalau perlu, harus kamu catat dan tempel di kaca rias. 

3 Manfaat dan Risiko dari Filler Wajah

Risiko dari Filler Wajah yang Harus Dipahami

Sebagai pertimbangan sebelum melakukan filler wajah, kamu harus paham dulu apa saja risiko yang mungkin terjadi. Walaupun risiko ini bisa diminimalisir jika kamu pilih klinik kecantikan yang tepat, tapi tidak ada salahnya memahami risikonya, kan? Jadi bisa kamu jadikan rujukan dan bahan konsultasi dengan dokter.

  1. Pembengkakan

Sebenarnya, pembengkakan di area bekas suntikan adalah hal yang wajar. Berbeda dengan suntik biasa yang hanya bertahan dalam hitungan jam, tapi kalau suntik filler butuh waktu sampai mingguan. Untuk mengurangi memar dan iritasi, kamu bisa mengompresnya dengan air dingin.

  1. Kelumpuhan Otot Sementara

Ada beberapa jenis filler yang menimbulkan kelumpuhan otot, yaitu botox dan myobloc. Risiko ini disebabkan oleh racun yang berasal dari Clostridium botulinum.

  1. Kematian Sel Kulit

Risiko yang satu ini tergolong sangat jarang terjadi. Tapi ada beberapa kasus dimana sel kulit di sekitar area yang disuntik filler menjadi mati. Lalu menyebabkan kulit seperti parut. Risiko ini bisa terjadi untuk filler di area bibir dan dahi. Dan untuk menghilangkannya, kamu harus melakukan tindakan tambahan.

Manfaat Filler Wajah bagi Kecantikan

  1. Menyamarkan kerutan di wajah.
  2. Menambah volume di beberapa bagian tertentu. Misal, bibir, tulang pipi, hidung, bawah mata, dan dahi.

Jadi, manfaat filler bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Apa yang ingin kamu koreksi di bagian tubuhmu? Nanti kamu bisa konsultasi dengan dokter untuk memilih dimana area untuk dilakukan suntik filler, jenis filler apa yang cocok untukmu, dan sebagainya.

The Aesthetic Clinic adalah klinik kecantikan berpengaruh yang bisa kamu jadikan referensi. Bahkan, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter secara online lho. Jadi, tidak perlu kuatir di saat pandemi seperti ini. Selain itu, kamu juga bisa cek klinik terdekat di kota yang kamu tinggali. Jadi, urutannya; kamu mulai konsultasi online dengan dokter The Aesthetic Clinic, pilih treatment apa yang sesuai, lalu pilih klinik The Aesthetic Clinic terdekat. Ketika kamu datang ke klinik, kamu sudah mendapatkan gambaran seperti apa nanti hasil filler wajah dan berapa budget yang harus kamu keluarkan. Dengan begitu, penyesalan bisa disingkirkan. Risiko juga bisa diminimalisir. Apalagi jika ini adalah kali pertama kamu menjalani perawatan filler wajah. Pastikan tidak ada kesalahan.

Mulai perjalanan beautymu bersama The Aesthetics Skin

Klinik terdekatKonsultasi dokterlihat treatment
WhatsApp