5 Cara Mengatasi Sel Kulit Mati untuk Optimalkan Regenerasi Kulit Wajah

February 24, 2021

Tahukah kamu bahwa secara alami kulit memiliki kemampuan regenerasi kulit untuk memperbaharui sel-sel kulit yang telah mati? Selama proses regenerasi tersebut, biasanya sel kulit yang telah mati akan didorong ke permukaan kulit. Selebihnya, pemilik kulit wajib melakukan perawatan untuk mencegah penumpukannya. Apa sih penyebab sel kulit mati dan bagaimana cara mengatasinya? Baca terus sampai habis, ya!

Penyebab Munculnya Sel Kulit Mati

Penumpukan sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori yang kemudian memicu jerawat. Masalah lain yang timbul adalah wajah tampak kasar dan terlihat kusam. Nah, penumpukan sel kulit mati sendiri disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

● Proses membersihkan wajah yang ternyata tidak maksimal.

● Tidak melakukan eksfoliasi.

● Iklim dengan suhu rendah maupun kering bisa memicu penumpukan sel kulit mati.

● Pertambahan usia, karena semakin menua maka sel-sel kulit mati akan semakin menumpuk.

 5 Cara Mengatasi Sel Kulit Mati untuk Optimalkan Regenerasi Kulit Wajah

Cara Regenerasi Kulit untuk Mengatasi Penumpukan Sel Kulit Mati

Meskipun proses regenerasi bisa mendorong sel kulit mati untuk keluar dan bersih dengan sendirinya. Namun terkadang penumpukan sel kulit mati tersebut tidak bisa dihindari. Tapi kamu tidak perlu khawatir, berikut beberapa cara untuk mengatasinya:

1. Melakukan Eksfoliasi Rutin

Cara pertama dan alami untuk mengatasi masalah penumpukan sel kulit mati adalah dengan melakukan eksfoliasi secara rutin, yakni seminggu sekali. Bisa memakai produk pembersih kulit yang mengandung butiran scrub. Opsional yang lebih alami adalah memakai gula pasir yang dicampur dengan gel lidah buaya. Gosok perlahan ke kulit agar sel kulit mati terangkat dari pori-pori.

2. Membasuh Kulit dengan Air Hangat

Opsi berikutnya untuk memaksimalkan proses regenerasi pada kulit adalah dengan rutin membasuh kulit dengan air hangat. Sebab air hangat efektif membuka pori-pori kulit sehingga setelah diusap dengan handuk yang lembut, maka sel kulit mati akan mudah keluar. Kulit pun bersih dari penumpukan sel kulit mati penyebab jerawat.

3. Mencuci Wajah dengan Produk Pembersih yang Bagus

Memakai produk perawatan kulit yang tepat akan memberi nutrisi penting dan membantu mencegah penuaan dini sekaligus mengatasi penumpukan sel kulit mati. Jadi, selalu selektif dalam memilih produk pembersih kulit agar cocok dengan karakter kulit dan efektif membersihkan kotoran dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

4. Melakukan Microdermabration Facial

Cara berikutnya adalah dengan melakukan perawatan microdermabration facial yang merupakan proses membersihkan kulit wajah dengan bantuan alat kecantikan yang canggih. Perawatan satu ini bekerja dengan cara mengikis kotoran maupun sel-sel kulit mati di pori-pori. Sangat efektif untuk membersihkan kulit dari segala material yang menyumbat pori-pori. Hasilnya kulit wajah bersih, semakin cerah, kulit menjadi lembab, dan juga kencang sehingga tampak awet muda. Lakukan di klinik yang berpengalaman dan terpercaya untuk mendapatkan hasil yang benar-benar memuaskan.

5. Menjalani Perawatan Facial Vampire

Perawatan berikutnya untuk mengatasi masalah penumpukan sel kulit mati akibat regenerasi yang kurang maksimal adalah vampire facial. Sesuai dengan namanya, perawatan satu ini memang unik karena menggunakan plasma darah dari tubuh sendiri untuk disuntikan ke area kulit yang bermasalah. Perawatan satu ini awalnya membantu proses penyembuhan luka seperti bopeng akibat bekas jerawat membandel, agar permukaan kulit rata dan halus kembali. Namun manfaatnya sangat kompleks. Kandungan nutrisi di dalam plasma darah efektif merangsang regenerasi sel kulit. Sehingga efektif pula mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk, sehingga kulit semakin bersih dan kencang secara alami. Meskipun sedikit sakit namun dijamin mudah untuk ditoleransi, jadi jangan ragu untuk mencobanya.

5 perawatan di atas bisa kamu coba untuk membantu memaksimalkan proses regenerasi pada kulit sehingga tidak ada lagi masalah penumpukan sel kulit mati. Khusus untuk PRP facial maupun microdermabration, usahakan untuk dilakukan di klinik kecantikan terpercaya seperti Aesthetics Clinic, ya!

Mulai perjalanan beautymu bersama The Aesthetics Skin

Klinik terdekatKonsultasi dokterlihat treatment
WhatsApp