5 Letak Wajah Yang Rawan Berjerawat

June 19, 2022

Jerawat atau acne menjadi salah satu permasalahan besar yang kerap mengganggu kulit wajah. Tidak hanya itu, acne juga dapat menimbulkan rasa nyeri dan tidak nyaman ketika beraktifitas. Untuk mengatasi hal tersebut kamu harus merawat beberapa bagian wajah yang rawan berjerawat dengan tepat.
Lalu, bagian wajah mana saja yang rawan terkena acne? Berikut 5 letak wajah yang rawan terkena acne.

Kulit Sekitar Pelipis dan Garis Rambut

Pertama, acne kerap muncul di kulit di sekitar area pelipis dan garis rambut. Acne yang timbul di area ini sering disebut dengan jerawat dahi.
Hal tersebut biasanya disebabkan karena kandungan produk rambut yang tidak cocok dengan kulit kamu sehingga produk menyumbat pori dan timbul jerawat. Beberapa kandungan produk rambut yang dapat menimbulkan acne yaitu silicone, petrolatum, panthenol dan dimetikon.
Adapun produk rambut yang bisa menyebabkan acne adalah pomade, conditioner, shampo, atau bisa juga aksesoris seperti bando dan topi. Tidak hanya itu, penting sekali bagi kamu untuk selalu menjaga kebersihan rambut termasuk ketika membilas sisa shampo.
Sisa shampo yang tidak dibersihkan dengan bersih akan menjadi penyebab jerawat dan ketombe.

T-zone

Zona T yaitu bagian dahi, hidung dan dagu juga sering sekali menjadi area munculnya jerawat. Hal ini sering terjadi pada tipe kulit berminyak karena sebum berlebih yang dihasilkan oleh kelenjar sebasea dapat menyumbat pori yang berakhir dengan munculnya jerawat.
Pada area dahi, jerawat bisa saja timbul karena gaya rambut seperti poni yang dapat menjebak kotoran serta menyumbat pori kulit area dahi. Untuk acne yang timbul di bagian hidung juga bisa terjadi karena adanya sisa produk make up yang menyumbat pori kulit hidung.

Sedangkan untuk jerawat di dagu bisa muncul karena masalah hormon dan kebersihan kulit. Untuk mencegah munculnya acne di sekitar area T-zone ini maka kamu perlu menjaga pola tidur, lakukan double cleansing, dan bersihkan tangan sebelum menyentuh wajah.
Sebab kulit tangan yang kotor terdapat bakteri yang dapat memunculkan acne di kulit T-zone.

Pipi

Pipi menjadi bagian yang paling sering menjadi tempat munculnya jerawat. Penyebab jerawat di pipi ini bisa terjadi karena kulit pipi lebih sering menyentuh atau bergesekan dengan benda benda asing yang tidak terjaga kebersihannya, seperti ponsel, sarung bantal dan tangan.
Untuk mencegah jerawat di pipi ini kamu perlu rutin mengganti sprei dan sarung bantal minimal seminggu 1 kali. Jangan sering menyentuh area wajah dengan tangan kotor.

Rahang

Tidak hanya muncul di area dagu, acne juga kerap menyerang area rahang. Munculnya acne di area ini sangat berkaitan dengan ketidakseimbangan hormon. Untuk mengatasi hal ini kamu bisa jaga pola hidup sehat dengan tidur teratur dan perbanyak konsumsi buah dan sayur.

Sekitar Alis

Selain di area yang sudah disebutkan di atas, acne juga bisa timbul di area sekitar alis seperti di kulit antar alis atau di atasnya. Hal ini sering terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan tinggi gula dan lemak seperti keju, es krim, cola dan sebagainya.
Untuk mencegahnya, perbanyak olahraga dan kurangi makan makanan manis.
Itulah beberapa letak wajah yang rawan berjerawat. Jaga kebersihan dan gunakan produk rambut anti minyak dapat membantu mencegah penyumbatan pori yang menjadi penyebab munculnya jerawat.

baca artikel lainnya

Mulai perjalanan beautymu bersama The Aesthetics Skin

Klinik terdekatKonsultasi dokterPrice list clinic
WhatsApp
Price List