5 Penyebab Double Chin yang Harus Kamu Tahu

March 15, 2021

Dagu berlipat atau seringkali disebut dengan double chin merupakan salah satu hal yang dapat menurunkan tingkat percaya diri seseorang. Tahukah kamu, dagu berlipat ini juga dikenal sebagai lemak submental? Lemak yang merupakan kondisi dimana lapisan lemak terbentuk tepat di bawah dagu. Banyak yang beranggapan bahwa dagu berlipat ini bisa hadir dikarenakan berat badan seseorang bertambah. Ternyata anggapan tersebut salah, karena dilansir dari Reader’s Digest, orang yang mengalami dagu berlipat belum tentu juga mengalami kenaikan pada berat badannya.

Lantas, apa penyebab kehadiran lemak submental di bagian bawah dagu ini?

Daftar Penyebab Double Chin

Memang tidak semua orang nyaman dengan kehadiran lemak di bawah dagu ini, sehingga mereka akan mencari cara untuk menghilangkannya. Namun, sebelum itu, setidaknya kamu harus tahu apa penyebabnya, sehingga nantinya bisa menghindari agar lemak tidak menumpuk di area tersebut. Inilah penyebabnya:

1. Kelebihan Lemak

Penyebab pertama ini adalah penyebab adanya permasalahan double chin yang paling utama, karena lemak yang berlebih akan mengendap di seluruh tubuh terutama di bagian bawah dagu. Namun hal ini akan tergantung pada tipe tubuh, jadi tidak semua orang akan merasakan ini ketika ada kelebihan lemak. Akan tetapi tidak sedikit juga orang yang memiliki lemak berlebih, kemudian penumpukan terjadi di bagian bawah dagu, dan menyebabkan rasa percaya diri menurun. Jika Anda termasuk orang dengan tipe tubuh seperti ini, maka sebaiknya menghindari hal-hal yang menimbulkan kelebihan lemak.

2. Kulit yang Semakin Menua

Usia juga menjadi salah satu penyebab munculnya lemak di bagian bawah dagu, sehingga membuat dagu seperti bertumpuk. Biasanya double chin ini hadir ketika kamu memasuki usia 20-an, karena ketika berada di rentang usia ini produksi kolagen akan menurun. Dengan menurunnya jumlah produksi kolagen, kulit akan menjadi kendur karena kehilangan elastisitasnya. Nah, semakin usia bertambah, maka produksi kolagen juga ikut menurun, sehingga akan semakin jelas hadirnya dagu berlipat ini.

3. Genetika

Kehadiran dagu berlipat juga disebabkan oleh genetika, sehingga ketika ada banyak anggota yang memilikinya maka bisa jadi kamu juga akan mengalaminya. Meskipun mungkin tidak ada gen dalam diri kamu untuk memiliki dagu berlipat ini, namun ada sejumlah sifat yang dapat mengakibatkan risiko ini. Bisa jadi dari struktur tulang yang merupakan gen turunan, penambahan berat badan, kamu memiliki kulit yang super tipis atau kurang elastis, sehingga tubuh cenderung menyimpan lemak di bagian bawah dagu.

4. Struktur Wajah

Faktor yang menjadi penyebab terjadinya dagu berlipat juga datang dari struktur wajah. Khususnya bagi kamu yang memiliki dagu resesif dan juga garis rahang yang lemah, maka akan sangat rentan mengalami dagu berlipat. Jadi, tidak semua orang yang memiliki dagu berlipat ini adalah orang gemuk, karena yang memiliki struktur wajah (dagu resesif dan garis rahang) cukup banyak, termasuk orang kurus. Jadi, jangan heran ketika ada orang yang memiliki tubuh kecil, tetapi memiliki dagu berlipat.

5. Postur yang Buruk

Dagu berlipat juga dapat hadir dikarenakan postur tubuh yang buruk, misalnya pada orang yang sering menggunakan laptop. Hal ini dikarenakan tubuh akan cenderung menjulurkan leher, sehingga dapat menimbulkan postur tubuh yang buruk dan muncullah dagu berlipat.

Ternyata ada berbagai penyebab yang membuat double chin muncul, ya. Tidak semua penyebab dapat dihindari, seperti genetika, penuaan, dan lainnya, namun masih bisa diatasi, kok. Untuk penyebab yang bisa dihindari seperti kelebihan lemak, sebisa mungkin kamu hindari agar tidak menimbulkan adanya dagu berlipat, ya. Atau kamu bisa melakukan treatment untuk menghilangkan double chin di The Aesthetics Clinic, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter terpercaya pastinya.

Mulai perjalanan beautymu bersama The Aesthetics Skin

Klinik terdekatKonsultasi dokterlihat treatment
WhatsApp