7 Makanan Pemicu Jerawat yang Perlu Dikurangi Konsumsinya

July 14, 2023

Ada berbagai hal yang bisa menjadi penyebab jerawat dan salah satunya adalah karena konsumsi makanan pemicu jerawat. Didalam makanan ini terkandung zat yang bisa memicu pertumbuhan jerawat pada wajah atau bagian tubuh lainnya. Penasaran apa saja makanan tersebut?

7 Makanan Pemicu Jerawat yang Perlu Diketahui

Berikut ini adalah 7 makanan pemicu jerawat adalah :

1. Produk Olahan Susu

Salah satu jenis makanan pemicu jerawat batu dan jenis jerawat lainnya adalah produk olahan susu. Ada berbagai jenis produk olahan susu, termasuk diantaranya adalah keju dan eksrim. Walaupun mempunyai citarasa yang lezat, namun produk-produk tersebut berkontribusi dalam munculnya jerawat.
Hal ini disebabkan karena produk olahan susu ini memiliki kandungan asam amino yang tinggi. Asam amino ini dapat merangsang organ hati untuk memproduksi hormon IGF-1 ini dapat memicu timbulnya jerawat.

2. Cokelat

Jenis makanan kedua yang bisa memicu jerawat adalah coklat. Hal ini disebabkan karena coklat yang beredar sudah dicampur dengan susu dan gula yang cukup tinggi. Hal inilah yang dapat berkontribusi pada timbulnya jerawat.
Susu dalam cokelat mengandung hormon dan protein yang dapat meningkatkan produksi sebum dan memicu peradangan pada kulit. Kondisi ini kemudian dapat menyebabkan penyumbatan pori-pori dan memicu munculnya jerawat. Jika kamu merupakan pecinta coklat, maka sebaiknya kurangi konsumsinya, ya!

3. Gorengan

Jenis makanan penyebab jerawat yang ketiga adalah gorengan. Gorengan merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut berbagai jenis makanan yang diolah dengan cara digoreng. Jenis makanan ini umumnya memiliki kandungan minyak yang tinggi sebagai akibat dari proses penggorengan.
Dengan melalui proses tersebut menyebabkan gorengan berkontribusi pada peningkatan kadar lemak dalam tubuh. Tingginya kadar lemak tersebut dapat memengaruhi metabolisme tubuh, termasuk perkembangan sel-sel kulit. Hal ini juga bisa berdampak langsung pada timbulnya jerawat.

4. Daging Tinggi Lemak

Apakah kamu pecinta daging dengan lemak yang banyak? Maka, sebaiknya kurangi konsumsinya jika tidak ingin jerawat timbul. Hal ini disebabkan karena daging jenis ini mempunyai kandungan lemak yang tinggi dan dapat berkontribusi terhadap peradangan dan munculnya jerawat pada kulit.
Lemak jenuh yang terkandung dalam daging merah dapat meningkatkan kadar lemak dalam tubuh dan memicu peradangan. Ketika tubuh mengalami peradangan, produksi sebum oleh kelenjar minyak kulit dapat meningkat. Sebum yang berlebihan dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan memicu timbulnya jerawat.

5. Makanan Pedas

Makanan pedas memang nikmat saat dikonsumsi, namun ternyata bisa menjadi musuh untuk kulit. Jerawat bisa menjadi lebih mudah tumbuh ketika kamu sering makan makanan pedas. Hal ini disebabkan karena tubuh cenderung menjadi lebih memproduksi banyak keringat dan minyak pada wajah.
Kemudian, hal-hal tersebut akan memicu penyumbatan pada pori-pori dan menjadi faktor pemicu timbulnya jerawat. Makanan pedas juga mengandung asam likopen yang dapat mengganggu pH kulit manusia, sehingga kulit menjadi rentan terhadap jerawat.

6. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji memang praktis, namun bisa memberikan dampak negatif untuk kesehatan termasuk diantaranya memicu timbulnya jerawat. Makanan cepat saji umumnya mengandung lemak trans dan memiliki kandungan kalori yang tinggi. Hal tersebut berkontribusi pada peradangan dan munculnya jerawat pada kulit.

7. Whey

Jenis makanan terakhir yang bisa menimbulkan jerawat adalah whey. Konsumsi whey yang berlebihan ternyata bisa memicu timbulnya jerawat pada kulit. Hal ini disebabkan oleh kandungan asam amino dan glutamin yang tinggi dalam whey yang dapat merangsang tubuh untuk melepaskan hormon IGF-1.
Jika hormon ini terdapat dalam jumlah yang besar maka bisa menyebabkan beberapa permasalahan kulit. Salah satunya adalah bisa membuat kulit memproduksi sebum berlebih dan memunculkan jerawat.
Itulah 7 jenis makanan pemicu jerawat yang sebaiknya kamu hindari. Selain memperbaiki pola makan, kamu juga mengatasi timbulnya jerawat dengan perawatan kecantikan. Ada berbagai perawatan kecantikan di The Aesthetic Skin yang bisa kamu coba untuk mengatasi timbulnya jerawat.

Mau kulit sehat dan bercahaya? Lengkapi perawatan Anda dengan treatment dari The Aesthetics Skin. Cek website kami untuk info selengkapnya!

baca artikel lainnya

Mulai perjalanan beautymu bersama The Aesthetics Skin

Klinik terdekatKonsultasi dokterPrice list clinic
WhatsApp
Price List