ahami! Cara Melakukan Terapi Plasma Darah (PRP) pada Wajah

September 24, 2022

Kecanggihan teknologi memberikan banyak inovasi baru, tak terkecuali di dunia kecantikan. Bagi kaum hawa, mempunyai wajah cantik adalah dambaan. Kini terapi plasma atau PRP menjadi salah satu pilihan untuk mendapatkannya. Simak artikel berikut untuk mengetahui cara melakukannya.

Manfaat PRP untuk Kecantikan

Menjadi salah satu inovasi di bidang kecantikan, membuat PRP menjadi bahan pertimbangan yang kini banyak diminati. Platelet rich plasma _atau PRP plasma adalah perawatan kulit wajah dengan menggunakan darah orang yang menjalani treatment tersebut.
Perawatan tersebut nantinya akan diolah menjadi sebuah serum yang kemudian disuntikkan pada beberapa area wajah pasien / pelanggan.
Ada beberapa manfaat PRP untuk kecantikan yang bisa didapatkan dari melakukan
treatment i_ni, diantaranya :

- Menghilangkan kerutan dan mengurangi garis halus pada wajah.
- Memperbaiki tekstur dan warna kulit wajah
- Mengencangkan kulit
- Memudarkan dan mengatasi bekas jerawat di wajah 
- Membantu meremajakan kulit wajah 

Selain untuk kecantikan pada wajah, perawatan menggunakan plasma darah ini dapat berfungsi untuk mengatasi kerontokan rambut.
Suntikan plasma darah tersebut akan berguna untuk mendorong penyembuhan dan membantu produksi sel-sel baru.

*Cara Melakukan Terapi PRP *

Apa PRP aman? Pertanyaan tersebut seringkali menjadi tanda tanya khususnya bagi orang awam.
Hingga saat ini, perawatan PRP tersebut telah diminati oleh banyak pria ataupun wanita untuk mengatasi permasalahan di wajah seperti bopeng.
Selain itu terdapat kegunaan lainnya, yaitu untuk perawatan rambut rontok._ Treatment _PRP aman dilakukan apabila dilakukan oleh dokter yang berpengalaman. Idealnya PRP berapa kali? Setidaknya, memerlukan 3 sampai 4 minggu sekali dalam pengulangannya. Berikut adalah cara melakukan PRP untuk kecantikan.

*1. Pengambilan Darah *

Setelah berkonsultasi. Mulanya, dokter akan melakukan sampling atau pengambilan darah dari dalam tubuh pasien.
Setidaknya dibutuhkan 20 sampai 60 mililiter darah. Cara pengambilannya adalah dengan menggunakan alat pemutar atau centrifuge.
Alat tersebut berfungsi untuk memisahkan berbagai komponen darah. Dari sejumlah darah yang terambil, akan diperoleh beberapa milimeter plasma darah yang kaya akan trombosit.

2. Pengolahan Sampel Darah Pasien menjadi _Platelet Rich Plasma _atau PRP

Langkah selanjutnya adalah sampel tersebut dimasukkan ke dalam tabung khusus yang kemudian disentrifugasi atau diputar dengan kecepatan tinggi dalam mesin khusus.
Proses ini biasanya memakan waktu sekitar 15 menit.
Kemudian, platelet dengan komponen darah akan terpisah sehingga diperoleh Platelet Rich Plasma yang kaya akan trombosit. PRP yang akan digunakan, wujudnya menyerupai serum, yaitu berwarna bening kekuningan.

3. Penyuntikan PRP ke Bagian Wajah atau Tubuh Pasien

Petugas lab kemudian mengambil komponen plasma dan menyiapkannya untuk injeksi PRP.
Ada beberapa titik atau area yang akan diberikan suntikan dari plasma tersebut sesuai dengan kebutuhan. Misalnya dilakukan pada area mata, dahi, area wajah yang memiliki bekas / luka.
Saat penyuntikan plasma atau PRP, dokter biasanya akan menggunakan alat pencitraan seperti USG. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan area spesifik pada injeksi seperti tendon.

*Perawatan Setelah PRP *

  • Meskipun dilakukan dengan memperhatikan keamanan, ada beberapa resiko atau efek samping yang dirasakan pasien, diantaranya :
    • Munculnya iritasi di sekitar area penyuntikan
    • Munculnya rasa nyeri
    • Adanya pendarahan di sekitar area penyuntikan PRP
  • Oleh karenanya ada beberapa hal atau pantangan sesudah PRP, yaitu :
    • Hindari melakukan olahraga berat atau berjemur setelah melakukan PRP
    • Jangan melakukan perawatan pijat atau laser pada area bekas treatment ini, setidaknya selama 2 minggu kedepan.
      Itulah beberapa informasi terkait terapi PRP dan beberapa efek samping sekaligus pantangan yang harus dihindari.
      Dalam hal ini, diperlukan konsultasi lebih lanjut untuk mendapatkan hasil maksimal. Kamu juga bisa mengunjungi klinik yang menyediakan treatment ini, salah satunya The Aesthetic Skin.
      Kunjungi situsnya untuk mendapatkan konsultasi dan informasi lebih lanjut di sini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca dalam mengetahui lebih dalam terkait perawatan PRP.
baca artikel lainnya

Mulai perjalanan beautymu bersama The Aesthetics Skin

Klinik terdekatKonsultasi dokterPrice list clinic
WhatsApp
Price List