Amankah Treatment Laser Untuk Penghilang Jerawat?

June 19, 2022

Jerawat dan bekas jerawat atau acne scar memang dapat menurunkan kepercayaan diri dan mengganggu penampilan. Banyak yang melakukan treatment atau memakai produk yang dapat menghilangkan acne termasuk salah satunya yaitu treatment laser.
Namun apakah laser aman dan efektif untuk menghilangkan acne scar? Berikut ulasannya.

Apa itu Treatment Laser?

Laser skin resurfacing adalah salah satu prosedur medis yang digunakan untuk memperbaiki dan membersihkan kulit kamu dari sel-sel kulit yang sudah rusak karena jerawat.
Selain membersihkan, metode ini juga dapat membantu merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan kolagen sehingga kulit lebih kencang dan halus.
Ada dua jenis treatment laser yang bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat, yaitu laser ablatif dan laser non ablatif.
Untuk laser ablatif biasanya digunakan untuk menghilangkan jaringan kulit yang rusak, seperti bekas luka yang dalam dengan menggunakan laser karbondioksida. Untuk bekas luka yang tidak terlalu dalam biasanya menggunakan laser erbium.
Sedangkan laser non ablatif ini memakai inframerah dan biasa digunakan untuk meningkatkan produksi kolagen dan mengganti sel baru. Beberapa jenis laser ini di antaranya laser IPL, fraksional dan dye pulsed laser.

Treatment Laser untuk Jerawat

Lalu, apakah treatment ini aman untuk jerawat? Ya, prosedur ini tergolong aman dan sudah mendapat sertifikat dari FDA atau Food and Drug Administration di Amerika Serikat.
Sebenarnya laser ini tidak 100 persen dapat menghilangkan jerawat karena masih membutuhkan obat untuk menghilangkan jerawat.
Namun laser ini 90 persen lebih efektif untuk menghilangkan jerawat dibandingkan dengan metode lain seperti dermabrasi maupun eksfoliasi. Tidak hanya dapat membantu menghilangkan jerawat dan bekasnya, treatment ini juga minim rasa sakit dan dapat menjadikan kulit kamu menjadi halus dan kencang.

Treatment ini biasanya dilakukan di area yang muncul bekas jerawat di pipi, leher, maupun lengan. Adapun hasil perawatan bisa terlihat maksimal setelah kurang lebih 3 minggu setelah perawatan.
Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu tidak bisa hanya sekali perawatan melainkan perlu sampai 3 kali perawatan.

Kelebihan dan Efek Samping Laser

Nah, selain untuk mengatasi jerawat, laser ini juga memiliki kelebihan lain. Laser dapat membantu menghilangkan dark spot, meratakan warna kulit yang tidak rata, mencerahkan wajah, mengurangi keriput, serta dapat memudarkan bekas luka.
Adapun efek samping yang bisa muncul setelah melakukan laser di antaranya munculnya ruam, kulit yang menggelap, munculnya jaringan parut, bengkak, kemerahan, iritasi, kulit kering serta panas. Namun efek samping tersebut bisa hilang setelah 1 sampai 2 minggu.

Siapa yang Disarankan untuk Laser?

Perlu diperhatikan jika tidak semua orang disarankan untuk memakai treatment ini. Beberapa kondisi yang disarankan untuk melakukan prosedur ini, seperti jerawat batu, kerutan, bintik hitam, jerawat di dagu dan di wajah, acne scar serta kerusakan karena sinar matahari.
Prosedur ini tidak disarankan untuk kamu yang memiliki penyakit autoimun dan memiliki resiko terbentuknya jaringan parut. Selain itu, bagi kamu yang memiliki kulit sensitif sebaiknya konsultasi terlebih dahulu sebelum melakukan prosedur untuk mencegah iritasi.
Bagi kamu yang tertarik untuk melakukan treatment laser, kamu bisa kunjungi klinik kecantikan terpercaya di The Aesthetics Skin Clinic. Untuk informasi lebih lanjut silahkan kunjungi https://www.theaestheticsskin.com/kategori/kecantikan.
Jadi, treatment laser sendiri aman dan efektif untuk menghilangkan jerawat. Meski memiliki beberapa efek samping, kamu tidak perlu khawatir karena efek tersebut akan hilang beberapa hari setelah perawatan.

baca artikel lainnya

Mulai perjalanan beautymu bersama The Aesthetics Skin

Klinik terdekatKonsultasi dokterPrice list clinic
WhatsApp
Price List