Bahayakah Stemcell Bagi Kesehatan?

June 30, 2023

Stemcell merupakan salah satu terobosan baru dalam dunia medis. Dengan melakukan prosedur ini bisa membantu untuk mengatasi berbagai permasalahan pada kulit dan juga bagian tubuh lainnya. Namun, apakah prosedur ini berbahaya untuk dilakukan? Simak penjelasan berikut ini.

Mengenal Stemcell dan Manfaatnya

Jika diibaratkan sebagai benda, stemcell adalah pabrik sel yang bisa membantu untuk mengatasi berbagai macam gangguan pada tubuh termasuk penyakit. Prosedur ini bahkan bisa menjadi harapan bagi banyak orang yang berjuang melawan penyakit karena mampu memberikan kesembuhan.

Sel ini bisa mempunyai peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh manusia. Ketika ada sel-sel dalam tubuh yang mengalami kerusakan fungsi, sel ini akan menjadi aktif dan mengambil alih tugas untuk menggantikan sel-sel tersebut dengan yang baru.

Contohnya, ketika seseorang mengalami luka maka sel-sel kulit tersebut akan mengalami kematian secara lebih cepat. Namun, sel ini berperan penting dalam membentuk lapisan-lapisan kulit baru yang akan menutupi luka tersebut. Sel ini akan memperbaiki jaringan yang rusak agar bisa melakukan regenerasi dengan cepat.

Dengan demikian, stem cell mampu mempercepat proses penyembuhan luka dan memastikan bahwa tubuh manusia dapat pulih dengan optimal. Stemcell untuk apa? Tak hanya penyembuhan luka saja, sel ini juga baik untuk regenerasi dan perbaikan organ tubuh lainnya agar pulih kembali.

Dalam beberapa kasus yang lebih kompleks, prosedur ini bahkan dapat digunakan untuk menggantikan organ yang rusak dengan organ yang baru. Hal ini disebabkan oleh sel yang bisa menghasilkan berbagai jenis sel baru yang ada di dalam tubuh manusia. Sangat luar biasa kan manfaatnya?

Tak hanya itu saja, sel ini juga dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Sel ini bisa membantu untuk mendapatkan kulit yang lebih elastis, kencang, bebas kerutan, dan bertekstur lebih baik. Sehingga, tak heran jika stemcell terapi menjadi terobosan yang baru bagi dunia medis dan kecantikan.

Jika dilakukan dengan baik dan benar, maka bisa memberikan manfaat yang luar biasa untuk tubuh. Berbagai keluhan atau penyakit bisa diminimalisir dengan menggunakan perawatan ini. Oleh sebab itu, tak heran jika perawatan ini sedang banyak diperbincangkan.

Apakah Stemcell Berbahaya Bagi Kesehatan?

Salah satu efek samping yang mungkin timbul akibat terapi ini adalah respons imun yang menyerang tubuh sendiri. Hal ini dapat terjadi karena reaksi penolakan tubuh terhadap sel punca yang dianggap sebagai benda asing. Hal ini mungkin saja terjadi mengingat sel ini merupakan hasil rekayasa oleh manusia.

Ketika sel punca dari sumber yang tidak cocok dengan sistem kekebalan tubuh diperkenalkan ke dalam tubuh, maka akan membuat sistem kekebalan dapat merespons dengan menganggap sel tersebut sebagai ancaman dan menyebabkan serangan pada sel-sel tubuh yang sehat.

Reaksi penolakan ini dapat menyebabkan kerusakan pada organ atau jaringan yang lebih parah daripada penyakit yang sedang diobati. Selain itu, terdapat juga kemungkinan bahwa sel punca yang digunakan dalam terapi dapat tumbuh tidak teratur atau tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Hal ini dapat menyebabkan ketidaknormalan dalam pertumbuhan sel, yang pada gilirannya dapat mengganggu fungsi normal organ atau jaringan yang sedang diobati. Tidak hanya itu, ada juga risiko pertumbuhan tumor yang dapat terjadi sebagai efek samping dari prosedur ini.

Oleh sebab itu, kamu harus memilih klinik dan dokter yang profesional untuk melakukan perawatan stemcell. Dengan begitu, bisa meminimalisir kemungkinan risiko yang mungkin saja terjadi. Dengan dilakukan oleh profesional dan alat yang canggih maka bisa membuatnya lebih aman. Yuk kunjungi The Aesthetic Skin!

baca artikel lainnya

Mulai perjalanan beautymu bersama The Aesthetics Skin

Klinik terdekatKonsultasi dokterPrice list clinic
WhatsApp
Price List