10 Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah dengan Mudah dan Tepat

March 10, 2024

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan sebagai cara menghilangkan bruntusan di wajah. Mulai dari penggunaan bahan alami, melakukan perawatan wajah rutin, hingga menggunakan skincare yang tepat. Namun tentunya, kamu harus berhati-hati dalam memilih jenis skincare maupun treatment wajah agar tidak memperburuk kondisi wajahmu.

Masalah wajah yang satu ini bisa muncul di area mana saja, termasuk bruntusan di dahi, pipi, hingga pada area badan seperti punggung. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bruntusan dan apakah bruntusan bisa hilang sendiri? Simak artikel berikut ini!

Apakah Bruntusan Bisa Hilang Sendiri?

Pada dasarnya, bruntusan biasanya bisa hilang dengan sendirinya dengan perawatan yang tepat dan rutin. Bruntusan yang disebabkan karena proses purging biasanya bisa hilang dengan sendirinya seiring dengan pergantian sel-sel kulit mati dengan sel kulit yang baru.

Hal ini membuat tampilan kulit menjadi lebih baik dari sebelumnya. Namun jika penyebab bruntusan itu karena komedo, produksi minyak berlebih, atau alergi maka perlu melakukan perawatan lebih lanjut.

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Cara Menghilangkan Bruntusan di Wajah

Ada berbagai cara menghilangkan bruntusan di wajah yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah, di antaranya:

1. Lakukan Double Cleansing pada Malam Hari

Membersihkan kulit wajah menjadi suatu hal terpenting agar kamu terbebas dari bruntusan, terlebih jika wajah kamu seharian terpapar debu dan make-up.

Cara membersihkannya pun tidak hanya sekedar mencuci muka, melainkan gunakan susu pembersih dalam bentuk krim dan tentunya tidak mengandung fragrance dan alkohol. Tahap ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang melekat di kulit wajah.

Setelah itu cuci muka dengan sabun yang memiliki pH balance dan bilas dengan air mengalir hingga bersih. Jika kamu rutin melakuan double cleanser maka bruntusan di wajah akan menghilang.

2. Rajin Eksfoliasi Seminggu Sekali

Eksfoliasi merupakan teknik mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di permukaan kulit. Hal ini menjadi penting karena penyebab bruntusan paling sering adalah penumpukan sel kulit mati.

Kamu bisa memilih produk eksfoliasi yang lembut, seperti chemical exfoliate berupa toner yang mengandung AHA/BHA. Jika produk eksfoliasi yang kamu gunakan berbahan kasar akan merusak lapisan kulit.

3. Gunakan Masker Alami

Masker bertujuan untuk menenangkan kulit dan membantu mengecilkan pori-pori sebab pori-pori yang besar berpotensi masuk kotoran dan menjadi tersumbat. Kamu bisa memakai tomat, timun, atau lemon sebagai bahan masker.

Selain itu, kamu bisa juga dengan melakukan kompres air dingin dengan handuk, Perawatan ini lebih baik kamu lakukan sebelum tidur karena proses regenerasi dan perbaikan kulit terjadi di malam hari.

4. Gunakan Pelembab di Pagi dan Malam Hari

Banyak orang yang masih sering salah paham tentang penggunaan pelembab wajah. Mereka menganggap munculnya bruntusan bisa disebabkan dari penggunaan pelembab, padahal bukan dari itu.

Pelembab wajah akan membantu mengontrol produksi minyak di wajah serta memberikan tekstur kulit menjadi lembab dan ternutrisi.

Hal terpenting yang harus kamu perhatikan bahwa pelembab yang kamu gunakan berbentuk krim dengan bahan dasar gel atau air dan sudah memiliki klaim non-comedogenic. Ini bertujuan agar kandungan pelembab dapat terserap sempurna dan bekerja optimal serta tidak menyumbat pori-pori.

5. Rutin Menggunakan Sunscreen Setiap Hari

Penggunaan sunscreen bertujuan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, yakni dari sinar UVA dan UVB. Paparan sinar UVA dan UVB ternyata dapat meningkatkan produksi sebum sehingga menambah penumpukan minyak di dalam pori-pori dan berujung mengalami bruntusan.

Oleh sebab itu, pastikan kulit wajah kamu memakai sunscreen agar perawatan bruntusan lebih maksimal. Pilihkan mineral sunscreen agar tidak menyumbat pori-pori.

6. Perhatikan Kandungan Skincare Sebelum Menggunakannya

Untuk beberapa kondisi, mungkin bruntusan di wajah adalah masalah kecil dan masih bisa hilang dengan sendirinya. Namun, bruntusan juga bisa disebabkan karena alergi pada kandungan skincare yang kamu gunakan.

Karenanya, sebelum bertindak lebih jauh, sebaiknya ketahui dulu apa penyebab bruntusan di wajahmu? Apakah kamu baru mencoba skincare baru sebelum bruntusan di wajah muncul?

Jika demikian, sebaiknya hentikan penggunaan skincare tersebut dan hindari kandungan serupa saat memilih skincare.

7. Selalu Bersihkan Tangan Sebelum Menyentuh Wajah

Apakah Bruntusan Bisa Hilang Sendiri?‍

Penyebab beruntusan selanjutnya seringkali terjadi karena sering menyentuh wajah dengan tangan yang kotor. Seperti yang kita ketahui, bakteri bisa ditemukan dimana saja pada benda-benda yang terlihat bersih.

Oleh karenanya, sebaiknya hindari terlalu sering menyentuh wajah dengan tangan, dan pastikan kamu selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum menyentuh wajah.

8. Hindari Stress Berlebih

Sama halnya dengan jerawat, stress juga merupakan salah satu pemicu penyebab bruntusan di wajah. Jika kamu merasa ini adalah faktor utamanya, maka salah satu cara menghilangkan bruntusan di wajah adalah dengan mengurangi stress.

Kamu bisa mencobanya dengan mulai berolahraga rutin, tidur yang cukup, melakukan meditasi, hingga melakukan kegiatan-kegiatan produktif lainnya yang bisa mengalihkan pikiranmu.

9. Konsumsi Makanan Sehat

Perawatan kulit untuk bruntusan tidak hanya dengan penggunaan produk dari luar saja. Namun yang lebih penting yaitu mengonsumsi makanan sehat.

Pasalnya jika kamu sering mengonsumsi makanan yang kandungan gula dan lemaknya sangat tinggi maka dapat memicu produksi sebum berlebih sehingga menimbulkan bruntusan.

Maka mulai sekarang perbanyak makan makanan sumber antioksidan seperti buah dan sayur agar kulit menjadi sehat dan terbebas dari bruntusan.

10. Konsultasikan ke Dokter

Jika kamu sudah menerapkan berbagai cara menghilangkan bruntusan di atas, namun masih belum sembuh, mungkin kamu bisa mulai konsultasi online dengan dokter kecantikan di The Aesthetics Skin.

Setelah konsultasi, dokter akan membantumu untuk mengetahui penyebab bruntusan di wajah dan merekomendasikan perawatan wajah yang tepat untuk menghilangkan bruntusan.

Perawatan Bruntusan di Klinik Kecantikan

bagaimana cara menghilangkan bruntusan

Ada berbagai macam perawatan wajah untuk menghilangkan bruntusan, seperti dengan teknik laser, peeling, atau ekstraksi. Treatment ini bertujuan agar sel kulit mati bisa terangkat dengan sempurna, dapat mengecilkan kelenjar minyak serta dapat meremajakan sel-sel kulit.

Biasanya setelah melakukan perawatan di klinik, kamu akan mendapatkan obat bruntusan yang tepat dan sesuai dengan kondisi kulit wajah kamu. Ketiga teknik perawatan itu bisa kamu dapati di The Aesthetic Skin Clinic.

Tentunya perawatan ini dilakukan oleh dokter profesional dibidangnya, tunggu apa lagi? Segera kunjungi klinik terdekat dan pilih perawatan yang bisa mengatasi bruntusan di wajahmu.

Baca juga:

baca artikel lainnya

Mulai perjalanan beautymu bersama The Aesthetics Skin

Klinik terdekatKonsultasi dokterPrice list clinic
WhatsApp
Price List