Cermati! Alasan Munculnya Double Chin Di Wajah

July 14, 2022

Double chin atau dagu yang berlipat muncul disebabkan oleh penumpukan lemak di bagian dagu dan hal tersebut biasa terlihat pada orang gemuk. Namun, tidak semua dagu berlipat muncul karena kegemukan. Faktanya, penyebab munculnya lipatan pada dagu bisa disebabkan oleh beberapa faktor.
Apa saja hal yang dapat menyebabkan munculnya lipatan? Berikut ulasannya.

Lemak Berlebih

Orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas biasanya memang lebih berpotensi memiliki dagu berlipat. Sebab, ketika berat badan kamu bertambah, lemak cenderung menumpuk di seluruh tubuh seperti di bagian perut, pinggul, kaki termasuk pula pada bagian dagu.

Usia

Tidak hanya karena berat badan, faktor usia juga bisa menjadi penyebab double chin. Semakin bertambah usia, maka elastisitas kulit juga akan semakin menurun sehingga kulit pun mengendur. Termasuk pada area dagu sehingga kulit di dagu tampak berlipat.
Sebab, semakin bertambahnya usia, otot mengalami defisit dan produksi kolagen pada kulit juga ikut menurun sehingga kulit akan kehilangan elastisitasnya. Penuaan sendiri merupakan hal yang tidak dapat dihindari, namun kamu dapat memperlambat proses penuaan dengan menerapkan gaya hidup sehat.

Faktor Genetik

Punya tubuh kurus tapi double chin? Bukan karena berat badan, bisa jadi dagu berlipat timbul karena faktor keturunan atau genetika. Jika orang tua atau keluarga kamu memiliki dagu berlipat, kamu juga bisa memiliki hal yang sama.
Selain itu, jika keluargamu cenderung memiliki kulit kurang elastis juga bisa menyebabkan lemak tersimpan di area dagu sehingga tercipta lipatan.

Postur Tubuh

Penyebab berikutnya yaitu karena postur yang buruk. Ketika kamu terlalu sering bermain game di ponsel atau bekerja di laptop dengan menunduk maka postur tersebut lama kelamaan dapat berakibat pada kulit.

Selain dapat mengakibatkan sakit leher, kebiasaan di atas juga bisa menyebabkan dagu berlipat. Hal tersebut dikarenakan otot platisma atau otot yang berada di dagu dan leher melemah. Akibatnya elastisitas pada kulit mengalami penurunan dan kulit pun mengendur.

Struktur Muka

Hal terakhir yang berpotensi menyebabkan munculnya lipatan di area dagu adalah bentuk dasar wajah kamu. Seseorang yang memiliki bentuk dagu cenderung resesif dan garis rahang yang lemah akan berpotensi memiliki dagu berlipat.
Hal tersebut karena kulit membentang di area yang kecil. Sehingga penurunan elastisitas dan peningkatan lemak meski sedikit akan mendorong munculnya dagu berlipat.

Cara Mengatasi Double Chin

Kemunculan lipatan pada dagu mungkin menyebabkan menurunnya rasa percaya diri pada sebagian orang. Namun, jangan khawatir karena hal tersebut dapat diatasi, salah satunya dengan melakukan diet. Lemak yang menumpuk dapat dihilangkan dengan cara mengurangi kalori atau defisit kalori.
Selain itu, kamu juga bisa menghilangkan lipatan dengan senam wajah secara rutin. Beberapa olahraga double chin yang bisa kamu lakukan di antaranya adalah mengunyah permen karet dan melakukan kiss the sky atau memonyongkan bibir selama beberapa menit.
Tidak hanya menggunakan cara alami, kamu juga bisa menghilangkan lipatan dagu dengan melakukan treatment seperti coolsculpting, lipolysis, atau nano slimming. Perawatan tersebut dapat membantu menghilangkan lemak serta merangsang produksi kolagen sehingga kulit mengencang.
Jika kamu merasa tidak nyaman dan ingin menghilangkan dagu berlipat, kamu bisa kunjungi The Aesthetics Skin Clinic untuk mendapat treatment yang tepat.
Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan munculnya double chin. Jadi, tidak hanya karena berat badan, dagu berlipat juga bisa muncul karena faktor usia, gen maupun bentuk wajah.

baca artikel lainnya

Mulai perjalanan beautymu bersama The Aesthetics Skin

Klinik terdekatKonsultasi dokterPrice list clinic
WhatsApp
Price List