Cermati Penyebab Jerawat Di Wajah Sesuai Letaknya

June 19, 2022

Tidak hanya komedo, jerawat atau acne juga termasuk permasalahan yang sangat mengganggu kulit wajah. Jerawat sendiri bisa timbul di beberapa area wajah seperti pipi, dahi sampai rahang. Lalu, apa penyebab munculnya acne di beberapa area wajah dan bagaimana mengatasinya? Yuk simak ulasan berikut ini.

Area Sekitar Rambut Garis Rambut

Penyebab munculnya acne di area sekitar garis rambut dan pelipis adalah karena pemakaian beberapa produk rambut seperti shampo, conditioner, pomade dan hairspray yang tidak cocok dengan kulit kamu.
Tidak hanya itu, pemakaian aksesoris seperti topi, bando dan sejenisnya juga dapat menjadi pemicu munculnya acne.
Munculnya acne terjadi karena benda atau produk tersebut menyumbat atau menutupi pori kulit di sekitar garis rambut sehingga muncul acne.
Untuk mencegah hal tersebut maka kamu perlu memilih produk rambut yang tepat, membersihkan aksesoris rambut serta membersihkan sisa produk rambut sampai bersih.

Dahi

Untuk acne yang muncul di area ini kerap terjadi khususnya pada kamu yang memiliki tipe kulit berminyak. Seperti yang kamu ketahui, penumpukan minyak yang berlebih di kulit dapat menyebabkan jerawat.
Penyebab lainnya yaitu penggunaan hair style seperti poni. Poni yang menutupi dahi dapat menyebabkan kotoran, sebum serta bakteri menumpuk dan menyumbat pori yang akhirnya dapat memicu timbulnya acne.

Hidung

Area hidung juga kerap menjadi tempat munculnya acne karena pori-pori di area hidung cenderung besar. Akibatnya, ketika kulit memproduksi sebum berlebih, acne bisa muncul.
Untuk mengatasi jerawat di area ini bisa dilakukan dengan memperbanyak asupan omega 3 dan omega 6 seperti sayur, kacang kacangan dan buah. Kamu juga bisa mengatasi komedo yang tumbuh di hidung dengan memakai produk yang mengandung retinoid.

Pipi

Jerawat paling sering muncul di area pipi. Penyebab jerawat di pipi ini yaitu karena kulit pipi sering bergesekan atau bersentuhan dengan benda asing. Misalnya yaitu ketika kamu mengangkat telepon, bersentuhan dengan sarung bantal ketika tidur, dan sebagainya.
Belum lagi kamu sering tidak sadar menyentuh area pipi dengan tangan kotor. Nah untuk mengatasi jerawat di pipi kamu bisa menjaga kebersihan tangan, mencuci sprei dan sarung bantal seminggu sekali, serta membersihkan permukaan ponsel secara rutin.
Selain itu, kamu juga bisa memakai produk yang mengandung asam salisilat untuk membersihkan pori-pori.

Dagu dan Rahang

Acne yang kerap muncul di area dagu dan rahang sering terjadi disebabkan oleh ketidakseimbangan atau gangguan hormon. Jerawat di dagu ini bisa meradang terlebih pada wanita ketika menstruasi, atau yang biasa disebut dengan jerawat hormonal.
Untuk mengatasi acne yang muncul di area ini bisa dilakukan dengan melakukan eksfoliasi secara rutin, memperbanyak konsumsi omega 3 dan menjaga kebersihan sprei.

Area Sekitar Alis

Acne yang timbul di area sekitar alis cenderung terjadi karena gaya hidup tidak sehat serta produk rambut. Untuk mengatasi hal ini bisa dilakukan dengan mengurangi makan makanan manis, menggunakan produk bebas minyak, serta dahulukan keramas sebelum cuci muka ketika mandi.
Cuci muka dengan sabun setelah keramas dapat membersihkan sisa produk yang menempel di kulit wajah. Dengan lebih menjaga kebersihan, kamu dapat mencegah munculnya jerawat.
Itulah beberapa penyebab jerawat di wajah sesuai dengan letaknya. Sebenarnya penyebab acne di beberapa area wajah disebabkan oleh hal yang sama seperti produk rambut yang tidak cocok, sering bersentuhan dengan benda kotor serta gaya hidup tidak sehat.

baca artikel lainnya

Mulai perjalanan beautymu bersama The Aesthetics Skin

Klinik terdekatKonsultasi dokterPrice list clinic
WhatsApp
Price List