Kenali! 5 Letak Wajah Yang Sering Berjerawat

July 14, 2022

Munculnya jerawat atau acne kerap menimbulkan rasa kurang nyaman dan tidak percaya diri pada seseorang. Jerawat sendiri bisa timbul di beberapa tempat di wajah yang mengalami penyumbatan pori atau terkena bakteri.
Untuk dapat mencegah munculnya acne kamu perlu tahu letak wajah yang kerap berjerawat atau acne face_ map_. Lalu, dimana saja letaknya? Berikut ulasannya.

Garis Rambut

Yang pertama, acne kerap menyerang bagian garis rambut dan pelipis. Hal ini disebabkan karena produk yang dipakai di rambut sering menyumbat pori-pori di area garis rambut dan pelipis. Pori yang tersumbat tersebut dapat menyebabkan munculnya acne.
Selain itu, pemakaian aksesoris seperti topi, bando, helm, headband dan sebagainya juga dapat memicu munculnya acne _apalagi jika jarang dibersihkan.
Oleh karena itu, gunakan shampo non komedogenik, pastika kamu membilas shampo maupun conditioner dengan bersih untuk mencegah penyumbatan dan jaga kebersihaan aksesoris untuk mencegah munculnya _acne face
.
Hindari memakai produk rambut yang memiliki kandungan seperti dimetikon, silikon, minyak, petrolatum, akrilik dan panthenol. Kandungan tersebut dapat memicu acne.

Dahi

Wilayah T-zone juga merupakan tempat yang sering sekali muncul acne. Hal tersebut dikarenakan area T-zone lebih banyak terdapat kelenjar minyak atau sebum dibandingkan area lain.
Sebum sendiri berfungsi untuk melembabkan kulit wajah, tapi jika berlebihan dapat menyumbat pori dan memicu tumbuhnya acne.
Dahi termasuk wilayah T-zone yang sering berjerawat. Pemicunya bisa dikarenakan pemakaian aksesoris seperti helm dan topi atau dapat juga disebabkan karena stres.
Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk menjaga kebersihan dahi dengan tidak menyentuh dahi dengan tangan kotor dan mengontrol stres.

Hidung

Sama seperti dahi, hidung juga termasuk area T-zone yang memiliki pori pori lebar. Jika kamu tidak membersihkan make up dengan baik, sering stres, dan kerap menyentuh hidung dengan tangan kotor, hal tersebut dapat menyumbat pori pori dan memicu kulit menjadi berjerawat.
Untuk mencegah munculnya _acne _di area ini adalah dengan memakai salicylic acid, tidur dengan teratur, olahraga, dan meditasi.

Dagu

Munculnya jerawat di dagu biasanya kerap terjadi karena masalah hormon. Ketika hormon tidak seimbang, hal tersebut dapat memicu jerawat hormonal yang kerap terjadi ketika wanita menstruasi.
Selain karena menstruasi, ketidak seimbangan hormon juga bisa disebabkan karena diet. Tidak hanya hormon, hal lain seperti sprei dan sarung bantal yang kotor juga dapat memicu menempelnya bakteri ke wajah sehingga muncul jerawat.
Oleh karena itu, penting sekali bagi kamu untuk mengurangi makan makanan manis, makanan berminyak serta bersihkan sprei dan sarung bantal secara rutin.

Pipi

Pipi merupakan area wajah yang paling luas sehingga bakteri mudah menempel di area pipi. Bakteri yang menempel di sprei, hijab, sarung bantal serta layar ponsel yang kerap menempel di pipi saat menelpon dapat menjadi penyebab jerawat di pipi.
Untuk mencegah munculnya jerawat di pipi ini maka kamu perlu rutin membersihkan layar ponsel, sprei, sarung bantal kamu minimal seminggu sekali. Serta jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum menyentuh wajah untuk mencegah menempelnya bakteri di wajah.
Itulah beberapa 5 letak wajah yang kerap berjerawat. Sebenarnya seluruh bagian wajah bisa saja berpotensi berjerawat jika kamu tidak memakai skincare yang sesuai dengan jenis kulit dan tidak menjaga kebersihan. Apabila kamu memiliki masalah terkait jerawat di wajah, kamu bisa berkonsultasi di The Aesthetics Skin Clinic.

baca artikel lainnya

Mulai perjalanan beautymu bersama The Aesthetics Skin

Klinik terdekatKonsultasi dokterPrice list clinic
WhatsApp
Price List