Opini Pakar Kecantikan Wanita Tentang Double Chin

July 14, 2022

Double chin merupakan suatu kondisi dimana terjadi penumpukan lemak di bagian dagu sehingga dagu terlihat ganda atau berlipat. Kondisi tersebut tak jarang membuat beberapa orang merasa tidak nyaman dan kurang percaya diri. Lalu, bagaimana opini pakar kecantikan mengenai dagu berlipat? Berikut ulasannya.

Apakah Lipatan di Dagu Perlu Dikhawatirkan?

Mungkin kamu merasa khawatir saat pertama kali melihat adanya lipatan pada dagu kamu.
Meski cenderung menurunkan rasa percaya diri pada penampilan seseorang, namun sebenarnya dagu berlipat sendiri bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Sebab, munculnya lipatan biasanya disebabkan karena hal alami seperti genetika, bentuk dasar wajah, maupun faktor usia.
Namun, jika kamu merasa munculnya lipatan atau pembengkakan terjadi karena obesitas atau pengobatan dan tindakan medis maka sebaiknya kamu berkonsultasi pada dokter.

Penyebab Double Chin

Menurut beberapa pakar kecantikan, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan munculnya lipatan dagu, di antaranya:

Berat Badan

Orang yang memiliki tubuh gemuk atau mengalami kenaikan berat badan memang berpotensi memiliki dagu ganda. Hal tersebut terjadi karena adanya penumpukan lemak di badan termasuk bagian leher.

Genetika

Tidak pasti karena gemuk, orang yang kurus juga bisa memiliki dagu ganda, sebab distribusi lemak dalam tubuh setiap orang berbeda beda. Jika keluarga atau orangtua kamu memiliki kondisi dagu ganda atau kulit yang kurang elastis maka tidak mustahil jika kamu dapat mengalami hal yang sama.

Usia

Usia juga sangat mempengaruhi munculnya dagu ganda. Sebab seiring bertambahnya usia maka produksi kolagen menurun dan elastisitas kulit menjadi berkurang. Akibatnya kulit akan mengendur.

Bentuk dasar wajah

Struktur atau bentuk dasar wajah seseorang juga bisa menyebabkan dagu ganda. Orang yang memiliki dagu kecil cenderung berpotensi mengalami kondisi tersebut karena kulit tidak memiliki banyak elastisitas sehingga lemak terlihat seperti dagu ganda.

Postur tubuh yang buruk

Dagu ganda bisa muncul karena otot platisma yang melemah. Pada bagian leher terdapat otot platisma yaitu otot di sekitar leher dan dagu. Otot ini menua lebih cepat dibandingkan dengan otot wajah lain.
Kebiasaan yang buruk seperti terlalu sering bermain game dengan menunduk dapat menyebabkan otot tersebut melemah. Akibatnya kulit mengendur dan terbentuk dagu ganda.

Cara Menghilangkan Double Chin

Olahraga dan Senam

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi lemak pada dagu adalah dengan berolahraga dan senam. Beberapa olahraga double chin yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi lemak yaitu bersiul atau senam kiss in the sky secara rutin.
Kamu bisa bersiul atau memonyongkan bibir dengan menghadap langit langit selama beberapa menit. Lakukan hal tersebut beberapa kali untuk mendapat hasil maksimal.

Defisit Kalori

Jika kenaikan badan yang menyebabkan penumpukan lemak di dagu, maka salah satu cara mengatasinya adalah dengan diet atau defisit kalori. Kamu perlu mengurangi konsumsi kalori harian dari 2000 kalori menjadi 1500 kalori per hari.
Hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi konsumsi kalori adalah dengan menghindari makanan manis dan berlemak. Selain itu, perbaiki pola hidup sehat dengan minum air putih, makan sayuran dan jaga kualitas tidur juga dapat membantu diet kamu.
Selain cara di atas, kamu juga bisa mengatasi dagu ganda dengan melakukan treatment khusus di The Aesthetics Skin Clinic.
Itulah bagaimana opini pakar kecantikan mengenai double chin. Jadi, lipatan di dagu bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan. Namun, jika kamu memiliki diabetes atau penyakit seperti obesitas maka kamu perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui solusi yang tepat.

baca artikel lainnya

Mulai perjalanan beautymu bersama The Aesthetics Skin

Klinik terdekatKonsultasi dokterPrice list clinic
WhatsApp
Price List