Kenali 5 Penyebab Bruntusan di Wajah dan Cara Mengatasinya!

March 16, 2024

Munculnya bruntusan di area wajah memang membuat kamu menjadi tidak percaya diri. Bruntusan bukanlah penyakit infeksi kulit, layaknya jerawat. Namun bruntusan adalah suatu kondisi permukaan kulit yang tidak rata. Jika kamu merabanya akan terasa kasar dan terdapat bintik-bintik kecil yang menonjol di wajah. Penyebab bruntusan pun bermacam-macam, apa saja? Yuk simak dalam artikel berikut ini!

Penyebab Bruntusan di Wajah

Penyebab Bruntusan di Wajah

Bagi kamu yang sering mengalami bruntusan pasti sering menanyakan, kenapa wajah bruntusan? Apa penyebab bruntusan di wajah? Bruntusan di jidat menjadi titik yang paling sering dialami para wanita dan juga pria. Selain itu bruntusan juga bisa terjadi di area pipi, hidung, dan dagu.

Banyak orang yang beranggapan bahwa bruntusan di wajah biasanya disebabkan oleh gaya hidup yang kotor, jarang cuci muka, dan sebagainya. Namun, tidak hanya itu saja! Faktanya, penyebab bruntusan di wajah biasanya adalah karena sumbatan pori-pori di kulit wajah.

Sumbatan pori-pori ini bisa terjadi karena berbagai hal, mulai dari produksi minyak berlebih pada wajah, salah menggunakan skincare yang mengakibatkan purging, hingga alergi pada makanan atau produk tertentu. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Komedo

Komedo menjadi penyebab tersering munculnya bruntusan. Pasalnya, penumpukan sel-sel kulit mati, kotoran dan minyak yang tertangkap di pori-pori menyebabkan muncul komedo hitam atau putih hingga berujung bruntusan.

2. Alergi

Munculnya alergi bisa terjadi karena makanan/ minuman tertentu yang tidak bisa diterima oleh tubuh, alhasil tubuh akan melakukan sebuah perlawanan dan akan menimbulkan bintik-bintik kecil atau bruntusan dan gatal.

Kondisi udara dan air yang kurang bersih, serta produk kosmetik dengan bahan tertentu yang bersifat iritan juga bisa menimbulkan bruntusan alergi. Biasanya untuk mencegahnya kamu bisa menghindari sumber alergi tersebut.

3. Tidak Menjaga Kebersihan Kulit

Kebiasaan membersihkan wajah secara tidak tuntas bisa menyebabkan timbulnya bruntusan di wajah. Hal tersering ketika kamu masuk rumah selepas bepergian tidak langsung membersihkannya, maka ada banyak sisa kotoran/ debu dan make-up yang menempel pada wajah.

Jika kamu menunda untuk membersihkan atau hanya sekedar membersihkan tidak sampai tuntas, maka siap-siap akan muncul bruntusan yang sangat mengganggu penampilanmu.

4. Purging

Alasan lainnya mengapa wajah bruntusan adalah purging. Purging merupakan proses pergantian sel-sel kulit mati. Nantinya sel-sel kulit baru akan naik ke permukaan, namun akan ada zat lain seperti minyak juga muncul terlebih dahulu. Inilah yang menyebabkan pori-pori tersumbat sehingga muncul bruntusan.

Proses ini sering kali terjadi pada fase awal penggunaan skincare atau pergantian produk skincare yang biasa kamu gunakan ke produk baru. Hal ini bisa dibilang baik karena sel kulit mati akan diganti dengan sel baru yang lebih sehat dan kulit wajah terlihat lebih baik dari sebelumnya.

5. Produksi Sebum/Minyak Berlebih

Bruntusan bisa terjadi pada kulit yang terlalu berminyak. Sebab produksi minyak berlebih akan lebih mudah menyumbat pori-pori sehingga tampilan kulit akan terlihat kasar dan berbintik-bintik kecil.

Produksi minyak berlebih biasanya karena perubahan hormon. Misalnya ketika fase remaja, maka akan menghasilkan minyak dan juga keringat yang nantinya akan memicu timbulnya bruntusan.

Cara Mengatasi Bruntusan di Wajah

Cara Mengatasi Bruntusan di Wajah

Sudah tahu kan penyebab muka bruntusan apa saja? Tentunya untuk mengatasinya kamu harus menjaga kebersihan kulit dengan benar. Berikut adalah beberapa cara mengatasi bruntusan di wajah:

1. Membersihkan Wajah secara Teratur

Membersihkan wajah dua kali sehari dengan pembersih yang lembut dapat membantu menghilangkan kotoran, minyak, dan debu yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan bruntusan.

2. Gunakan Produk Non-Komedogenik

Pilihlah produk perawatan kulit yang non-komedogenik, yang berarti produk tersebut dirancang untuk tidak menyumbat pori-pori dan mengurangi risiko timbulnya bruntusan.

3. Gunakan Pelembap Ringan

Gunakan pelembap yang ringan dan tidak mengandung minyak untuk menjaga kulit tetap lembap tanpa menyebabkan penumpukan minyak yang berlebihan.

4. Hindari Produk yang Mengandung Minyak

Hindari produk perawatan kulit yang mengandung minyak berlebihan, karena ini dapat menyumbat pori-pori dan memperparah bruntusan.

5. Hindari Memencet Bruntusan

Memencet bruntusan dapat menyebabkan peradangan dan infeksi, sehingga memperburuk kondisi kulit.

6. Konsumsi Makanan Sehat dan Minum Air yang Cukup

Makan makanan sehat yang kaya akan antioksidan dan nutrisi penting serta pastikan Anda minum air yang cukup setiap hari untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam.

7. Konsultasikan dengan Dokter Kulit

Jika bruntusan di wajah persisten atau semakin parah, segera konsultasi dengan dokter kulit atau ahli kecantikan untuk diagnosis yang tepat dan rekomendasi perawatan yang sesuai dengan kondisi kulitmu. Dengan perawatan wajah yang tepat dan konsisten, bruntusan di wajah dapat diatasi dan kulitmu dapat menjadi lebih bersih dan sehat.

Nah, itu dia 5 penyebab bruntusan di wajah yang perlu kamu ketahui dan 7 cara mengatasinya! Semoga bermanfaat!

Baca juga:

baca artikel lainnya

Mulai perjalanan beautymu bersama The Aesthetics Skin

Klinik terdekatKonsultasi dokterPrice list clinic
WhatsApp
Price List