Perbedaan Suntik Botox dan Filler, Keduanya Bisa Bantu Hilangkan Kerutan di Wajah Loh

July 23, 2021

Paras yang selalu cantik meski bertambah usia pastinya selalu didambakan setiap wanita. Botox dan filler, menjadi dua metode kecantikan yang paling populer dan mampu menghilangkan tanda penuaan di wajah. Sekilas dua metode ini mirip, namun ada perbedaan yang harus kamu tahu. Dua metode ini memiliki cara yang berbeda dalam tujuan, prosedur, manfaat, bahan, hingga ketahanannya. Nah, apa sajakah perbedaan botox dan filler tersebut?

  1. Kinerja Botox dan Filler

Perawatan kecantikan untuk metode botox ini sangat efektif dan begitu praktis dalam menghilangkan kerutan di wajah. Kerutan yang merupakan bagian dari tanda penuaan tersebut terjadi akibat pengaruh saraf dan saraf yang menegang. Manfaat botox wajah yang dilakukan mampu menghilangkan kerutan tersebut dengan menyuntikkan botox yang merupakan kepanjangan dari botulinum toxin. Zat ini mampu membuat saraf dan otot berhenti menegang, sehingga kerutan yang terjadi akan lebih datar. Kinerja dari botox ini membuat berbagai titik kerutan akan hilang. Wajah pun bisa terlihat lebih kencang dan seakan wajah lebih muda dan cantik. Sedangkan kinerja dari filler berbeda dari botox. Dermal filler mempunyai tujuan untuk mengisi jaringan pada bagian wajah yang lunak, yaitu di bagian bawah jaringan kulit yang mulai menua. Bagian yang diberikan filler biasanya di bagian bibir, pipi, dan di bagian mulut. Karena usia, bagian-bagian tersebut akan lebih tipis dan terlihat keriput. Dengan adanya pengisian filler ini, jaringan akan kembali lebih bervolume dan terlihat segar kembali.

  1. Penggunaan Bahan antara Botox dan Filler

Sesuai namanya, botox atau botulinum toxin yang merupakan protein dari bakteri clostridium botulinum. Bahan inilah yang disuntikkan ke dalam kulit untuk membatasi saraf dan otot yang keriput. Sedangkan untuk filler, menggunakan bahan yang sudah disetujui penggunaannya oleh sebuah badan keamanan pangan Amerika Serikat, yang juga setara dengan BPOM di Indonesia. Beberapa bahan yang ada di dalam filler seperti kalsium hidroksiapatit. Senyawa ini seperti mineral yang berada di dalam tulang manusia. Terdapat juga asam hialuronat, yang merupakan senyawa seperti di cairan dalam kulit. Senyawa ini dianggap sebagai agen utama untuk mengenyalkan kulit, sehingga tampak lebih segar. Asam polilaktat yang juga mampu merangsang kulit dan meningkatkan produksi kolagen. Polyalkylimide, senyawa berbentuk gel yang transparan. PMMA, yang merupakan filler semi permanen. Senyawa ini mampu menjaga kekenyalan lebih lama. Dari berbagai bahan tersebut tentunya pertanyaan mengenai apakah lebih aman botox atau filler sama-sama memiliki tingkat keamanan. Dunia medis juga telah menyetujui bahwa penggunaan bahan-bahan tersebut aman, dan bisa digunakan dengan standar yang telah ditentukan.

  1. Ketahanan yang Diberikan

Ketahanan dari masing-masing metode ini tergantung dari perawatan yang dilakukan. Hanya saja, untuk botox biasanya mempunyai ketahanan yang lebih pendek dibandingkan dengan penggunaan filler. Untuk botox, biasanya mampu bertahan hingga sampai 6 bulan. Sedangkan filler lebih lama, dan bisa mencapai kurun waktu hingga dua tahun lamanya. Ketika sudah menggunakan dua metode ini masih perlu perawatan lanjutan untuk mempertahankannya lebih lama.

  1. Adanya Efek Samping Botox VS Filler

Adapun efek samping dari dua metode ini tidak perlu dikhawatirkan. Karena efek yang didapatkan hanya sementara saja. Untuk botox, efek samping yang bisa dirasakan berupa terjadinya memar, pusing, drooping atau kelopak mata terkulai, dan iritasi ringan. Efek ini biasanya dirasakan selama 12 hingga 24 jam. Begitu juga dengan filler yang memiliki efek samping berupa alergi, memar, iritasi, jaringan parut, hingga luka. Beberapa efek samping tersebut bisa dihindari dengan aplikasi oleh para ahli yang benar-benar profesional, dan bersertifikat.

Kedua metode ini bisa kamu dapatkan dengan pelayanan terbaik di The Aesthetics Skin Clinic. Dengan standar tinggi yang diberikan, tentunya kamu bisa mendapatkan konsultasi mengenai metode mana yang terbaik untuk wajah cantik kamu. Kamu juga bisa mendapatkan perawatan kecantikan secara lengkap disini dengan harga yang sangat bersahabat, termasuk untuk harga suntik botox wajah, maupun filler. Itulah perbedaan antara botox dan filler yang perlu kamu tahu. Keduanya memiliki mampu menghilangkan tanda penuaan yang ada di wajah, sehingga kamu akan mendapatkan penampilan terbaik. Jadi, dapatkan perawatan kecantikan terbaik disini sekarang juga bersama The Aesthetics Skin Clinic.

Mulai perjalanan beautymu bersama The Aesthetics Skin

Klinik terdekatKonsultasi dokterlihat treatment
WhatsApp