PRP Hair Treatment: Solusi untuk Rambut Tipis Tanpa Operasi

April 21, 2024

PRP hair treatment adalah jenis perawatan rambut yang bisa menumbuhkann kembali rambut rontok kronis tanpa operasi. Bagi mereka yang sudah berusia lanjut, kerontokan rambut merupakan hal biasa. Namun, bagaimana jika kamu masih muda dan mengalami kerontokan rambut yang membuat rambut menipis? Tentu ini akan menjadi masalah yang meresahkan. Tapi jangan khawatir, karena kamu bisa melakukan PRP hair treatment dari The Aesthetics Skin Clinic.

Sebenarnya, apa itu PRP hair treatment? Bagaimana cara kerjanya? Dan apakah PRP rambut aman untuk dilakukan? Agar tidak penasaran, langsung saja cek informasi selengkapnya di bawah ini!

Apa itu PRP Hair Treatment?

PRP Hair Treatment: Solusi untuk Rambut Tipis Tanpa Operasi

PRP Hair Treatment adalah singkatan dari Platelet-Rich Plasma atau Plasma Kaya Trombosit. Ini adalah prosedur medis di mana trombosit dari darah pasien diambil, dipisahkan, dan kemudian disuntikkan kembali ke kulit kepala. Manfaat PRP adalah untuk merangsang pertumbuhan rambut dan memperbaiki kerusakan rambut. Salah satunya untuk mengatasi rambut menipis.

Trombosit mengandung faktor pertumbuhan yang dapat merangsang sel-sel rambut untuk berkembang dan memperbaiki folikel yang rusak. Terapi ini biasanya digunakan untuk mengatasi masalah rambut seperti kebotakan, rambut tipis, atau kerontokan rambut.

Dokter umumnya menggunakan teknik ini untuk mengatasi rambut rontok karena androgenic alopecia, yaitu kondisi rambut rontok akibat masalah hormonal. Meskipun perawatan ini tergolong baru, nyatanya ada beberapa penelitian dengan hasil signifikan atas treatment ini pada pertumbuhan rambut.

Manfaat PRP Hair Treatment

Manfaat PRP Hair Treatment

Manfaat dari PRP Hair Treatment untuk rambut meliputi:

1. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Terapi ini membantu merangsang pertumbuhan rambut baru dengan meningkatkan aliran darah ke folikel rambut dan memberikan nutrisi tambahan melalui faktor pertumbuhan dalam plasma trombosit.

2. Memperbaiki Rambut Rusak

PRP Hair Treatment dapat membantu memperbaiki kerusakan pada folikel rambut dan memperkuat rambut yang rapuh atau terkikis.

3. Mengurangi Kebotakan

Terapi ini dapat membantu mengurangi kebotakan atau penipisan rambut pada area tertentu di kepala, terutama jika digunakan secara teratur.

4. Meningkatkan Kepadatan Rambut

Dengan merangsang pertumbuhan rambut baru dan memperkuat folikel yang ada, PRP Hair Treatment dapat membantu meningkatkan kepadatan rambut secara keseluruhan.

5. Proses Non-invasif

Prosedur ini relatif non-invasif dan tidak memerlukan pemotongan atau pengangkatan jaringan kulit kepala.

6. Waktu Pemulihan yang Cepat

Pasca-prosedur, pasien biasanya dapat kembali ke aktivitas normal dengan cepat tanpa waktu pemulihan yang lama.

7. Efek Samping yang Jarang

Terapi ini umumnya aman dan memiliki risiko efek samping yang rendah.

Bagaimana Cara Kerja PRP Hair Treatment?

Bagaimana Cara Kerja PRP Hair Treatment?

Untuk memahami bagaimana cara kerja PRP, kamu perlu tahu peran penting dari trombosit. Trombosit sendiri terdiri dari dua komponen sel darah, yaitu darah merah dan putih. Pertama kali kamu terluka maka trombositlah yang menjadi responden pertama mengatasi pendarahan dan mempercepat penyembuhan.

Nah, kandungan plasma darah yang kaya trombosit ini ternyata memiliki hormon yang mampu membantu regenerasi sel rambut. Untuk mendapatkan hair PRP, dokter akan mengambil sel darahmu dan memasukkannya ke mesin yang bernama centrifuge. Setelahnya, mesin akan memisahkan komponen darah. Yang kemudian oleh dokter diekstrak trombositnya dan disuntikkan ke area yang mengalami kerontokan.

Apakah PRP Efektif Mengatasi Kerontokan Rambut?

Pada tahun 2019, para peneliti melakukan penelitian terhadap PRP untuk atasi rambut rontok. Dan hasilnya muncul pada jurnal International Journal of Women’s Dermatology. Penelitian tersebut menggunakan 262 partisipan dengan androgenic alopecia.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa suntikan PRP mampu mengurangi kerontokan rambut, menyuburkan rambut, memperbesar diameter rambut, dan kepadatan pertumbuhan rambut. Tentunya perubahan signifikan ini baru bisa terasa 6-12 bulan setelah menjalani perawatan.

Cepat dan lambatnya hasil treatment juga dipengaruhi oleh banyak faktor. Di antaranya berapa banyak suntikan yang diterima, intensitas suntikan, prosedural klinik yang melakukan PRP, dan lain-lain. Umumnya, dokter akan mengambil plasma darah milik pasien sebanyak 2-12 cc. Kemudian ekstraknya akan dokter suntikkan dengan interval waktu 2 minggu sekali.

Prosedur PRP Hair Treatment untuk Rambut Menipis

Prosedur PRP Hair Treatment untuk rambut menipis melibatkan beberapa langkah, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pengambilan darah: Sejumlah kecil darah diambil dari pasien, biasanya dari lengan.
  2. Pemrosesan darah: Darah yang diambil diproses dengan mesin khusus yang memisahkan plasma kaya trombosit dari komponen darah lainnya.
  3. Persiapan plasma kaya trombosit: Plasma yang kaya akan trombosit dipersiapkan untuk disuntikkan kembali ke kulit kepala pasien.
  4. Penyuntikan plasma: Plasma yang kaya akan trombosit disuntikkan kembali ke kulit kepala pasien, terutama di area yang mengalami penipisan rambut.
  5. Monitoring dan perawatan pasca-tindakan: Setelah prosedur, pasien akan dimonitor dan mungkin akan diberikan instruksi untuk perawatan pasca-tindakan, seperti menghindari penggunaan produk rambut tertentu atau mengurangi paparan sinar matahari langsung.

Proses ini bertujuan untuk merangsang pertumbuhan rambut dengan meningkatkan aliran darah ke folikel rambut dan memberikan nutrisi tambahan melalui faktor pertumbuhan dalam plasma trombosit. Dalam beberapa bulan setelah perawatan, pasien biasanya melihat peningkatan dalam kepadatan dan ketebalan rambut mereka

Proses injeksi sendiri membutuhkan waktu kurang lebih satu jam. Dan tentunya bukan hanya satu kali saja, melainkan bisa beberapa sesi. Kamu juga tidak perlu khawatir akan pembatasan kegiatan setelah mendapat PRP Hair. Karena setelah mendapatkannya, kamu bisa beraktivitas lagi tanpa batasan.

Berapa Lama Harus Menjalani PRP Rambut?

Lama dan cepatnya perawatan ini dipengaruhi oleh banyak faktor. Sama seperti penggunaan obat oral seperti finasteride atau obat topikal minoxidil untuk mengatasi kerontokan rambut. Namun, yang jelas, kamu bisa berhenti melakukannya setelah kerontokan rambutmu terkendali. Antara 6-12 bulan injeksi dengan interval 2 minggu sekali.

Meski peneliti sudah membuktikan hasil dari PRP hair treatment untuk pengobatan kerontokan rambut. Namun, kamu pun perlu mengkonsultasikannya juga agar hasilnya maksimal sesuai keinginan. Seperti kapan waktu yang tepat melakukannya, jadwal treatment, dan lain-lain.

Nah, itulah perjelasan lengkap tentang PRP hair treatment, manfaat, dan cara kerjanya. PRP rambut adalah salah satu jenis perawatan paling diminati saat ini, baik untuk perempuan, maupun laki-laki. Jika kamu berminat untuk melakukan PRP rambut, yuk langsung saja datang ke klinik kecantikan terdekat The Aesthetics Skin. Kamu juga bisa mulai konsultasi online untuk mendapatkan rekomendasi perawatan yang tepat sesuai kebutuhanmu. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

baca artikel lainnya

Mulai perjalanan beautymu bersama The Aesthetics Skin

Klinik terdekatKonsultasi dokterPrice list clinic
WhatsApp
Price List