Simak! Cara Merawat Bekas Jerawat Agar Tidak Kembali

July 14, 2022

Bekas jerawat atau acne scars memang kerap menimbulkan rasa kurang percaya diri. Meski bisa ditutup dengan make up, namun tentunya semua orang ingin memiliki wajah yang mulus tanpa ada bekas jerawat. Lalu, bagaimana cara merawat bekas jerawat agar tidak kembali? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Menyembuhkan Jerawat

Sebelum menghilangkan bekasnya, maka kamu perlu menyembuhkan jerawat yang masih ada di wajah terlebih dahulu sehingga tidak muncul lagi bekas jerawat di kemudian hari. Salah satu cara menghilangkan jerawat adalah dengan menggunakan produk khusus jerawat yang mengandung benzoil peroksida.

Memakai Salicylic acid

Salah satu kandungan skincare yang efektif untuk menghilangkan bekas jerawat adalah salicylic acid. Asam ini memiliki beberapa manfaat diantaranya yaitu dapat membersihkan pori-pori, meredakan kemerahan dan sebagai eksfoliasi kimia atau chemical exfo.
Pilihlah salah satu produk yang mengandung asam salisilat bisa toner, serum, maupun essence. Namun, bagi kamu yang memiliki kulit kering dan sensitif perlu berhati-hati, ya, karena terlalu sering atau terlalu banyak memakai produk ini dapat menimbulkan efek iritasi dan kulit kering.
Lakukan secara rutin dan kamu akan melihat perubahannya.

Memakai Retinol

Selain dikenal dapat menghilangkan kerutan dan flek hitam di wajah, produk yang mengandung retinol juga baik untuk menghilangkan acne scars. Retinol dapat mempercepat proses regenerasi kulit, memperbaiki tekstur kulit serta mengurangi bekas luka.
Beberapa produk retinol yang bisa kamu pilih diantaranya yaitu toner dan serum. Perlu diperhatikan, setelah memakai retinol kulit akan sensitif terhadap cahaya jadi pastikan kamu memakai sunscreen di siang hari untuk menghindari kulit kemerahan.

Sunscreen

Apa pun jenis kulitmu, sunscreen adalah skincare yang wajib kamu pakai termasuk ketika berjerawat. Sinar matahari dapat menggelapkan kulit termasuk bekas acne sehingga semakin terlihat. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memakai sunscreen sebelum pergi ke luar ruangan.

Asam Alfa Hidroksida (AHA)

Asam Alfa Hidroksida juga dapat membantu mengatasi acne scars. Asam ini memiliki manfaat seperti menyingkirkan sel sel kulit mati, dan mencegah pori pori tersumbat. Selain dapat menghilangkan bekasnya, asam ini juga baik untuk mengobati jerawat di pipi.

Bahan Alami

Selain memakai bahan kimia di atas, kamu juga bisa menghilangkan bekas jerawat di dagu dan bagian lain dengan memakai bahan alami seperti lidah buaya, lemon, soda kue dan madu. Lidah buaya mengandung aloin, yaitu kandungan yang dapat mencerahkan dan mengurangi pigmentasi.

Treatment

Jika cara cara di atas masih belum bisa mengatasi bekas jerawat kamu, maka kamu bisa menggunakan penanganan medis. Beberapa tindakan medis atau treatment yang bisa kamu lakukan salah satunya adalah laser.
Laser merupakan treatment yang dilakukan untuk mengangkat sel kulit paling atas tanpa memakai bahan kimia untuk memunculkan sel kulit muda. Hal tersebut dapat mengurangi penampakan acne scars di wajah.
Namun, tidak semua orang cocok melakukan treatment ini. Keberhasilan laser ditentukan oleh jaringan parut masing masing orang.
Selain laser ada pula Microneedling yaitu proses memasukkan jarum ke area acne scars untuk merangsang produksi kolagen. Kolagen sendiri dapat mengurangi acne scars dan menghaluskan kulit. Namun perawatan ini memiliki beberapa efek samping seperti nyeri dan kemerahan.
Itulah beberapa cara merawat bekas jerawat agar tidak muncul kembali. Kamu bisa memakai bahan kimia seperti asam salisilat atau bisa juga memakai bahan alami seperti aloe vera untuk membantu menghilangkan acne scars. Bagi kamu yang ingin melakukan treatment acne scars bisa kunjungi The Aesthetics Skin Clinic.

baca artikel lainnya

Mulai perjalanan beautymu bersama The Aesthetics Skin

Klinik terdekatKonsultasi dokterPrice list clinic
WhatsApp
Price List