Simak Risiko dan Efek Samping dari Laser Wajah Ini

September 27, 2021

Bagi sebagian orang perawatan laser wajah memang kelihatannya mengerikan. Ada yang takut treatment-nya sakit serta ada pula yang khawatir dengan efek sampingnya. Namun, apakah sebenarnya laser berbahaya? Bagaimana efek sampingnya di kulit wajah? Yuk, kita kupas tuntas di sini.

Apakah Laser Wajah Berbahaya?

Jika kamu bertanya-tanya apakah laser wajah berbahaya, tenang saja. Ternyata kamu tidak perlu khawatir, laser wajah sangat aman, kok untuk kamu gunakan. Kini teknologi laser sudah semakin canggih sehingga keamanannya tinggi. Namun, pemakaiannya harus dengan konsultasi dokter kulit dan dilakukan di klinik kecantikan yang terpercaya. Laser wajah bisa menjadi berbahaya apabila kamu melakukannya sembarangan tanpa arahan dari dokter spesialis kulit atau dokter kecantikan. Bisa terjadi iritasi atau malah kondisinya semakin parah.  Oleh karenanya, konsultasi dahulu sangat penting. Selain memberi arahan, dokter juga dapat menyarankan metode laser mana yang paling cocok untuk jenis kulitmu. Mengenai laser wajah sakit atau tidak, kamu juga jangan khawatir. Laser wajah tidak akan terasa sakit, hanya sedikit nyeri. Itu pun cuma akan kamu rasakan sebentar.

Efek Samping Laser Wajah

Treatment laser wajah di klinik terpercaya sangat aman. Namun, tetap ada beberapa efek samping yang akan kamu rasakan. Efek samping ini memang mengganggu, tapi sifatnya hanya sementara. Efek samping laser jerawat dan efek samping laser flek hitam, di antaranya:

-          Kulit Memerah

Salah satu efek samping yang umum terlihat adalah kulit menjadi memerah. Terutama pada bagian-bagian di sekitar treatment, misalnya di bagian-bagian wajah yang berjerawat. Terkadang kemerahan ini beserta dengan rasa gatal. Ini wajar saja karena kulit sedang merespon sinar panas dari laser. Kamu tidak perlu merasa panik. Kulit kemerahan tersebut akan hilang sendirinya dalam hitungan menit atau jam. Dokter juga akan memberikan produk perawatan pasca-laser yang bisa meredakan efek sampingnya.

-          Terjadi Pembengkakan

Tergantung dari jenis laser dan jenis kulitmu, bisa terjadi pembengkakan pada wajah setelah treatment laser. Jika menggunakan metode laser yang agak dalam dan kulit sensitif atau tipis, bagian yang terkena laser dapat menjadi sedikit bengkak. Pembengkakan ini juga akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari hingga seminggu. Kamu cukup menghindari beberapa pantangan setelah laser dan wajahmu akan kembali ke sedia kala. Di antaranya jangan membasuh wajah dengan air hangat dan memakai skincare dengan bahan-bahan yang kuat.

-          Kulit Mengelupas

Selain itu, dapat pula terjadi pengelupasan halus di area yang mendapatkan treatment laser. Hal ini memang wajar terjadi karena kulit yang mengalami pigmentasi akan mengelupas. Pengelupasan akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari. Dokter akan memberikan produk-produk perawatan yang bisa kamu gunakan agar efek samping ini berkurang.

-          Terjadi Pigmentasi Kulit

Efek samping selanjutnya adalah munculnya perubahan warna pada kulit yang terkena laser. Ini dapat terjadi karena memang ada metode laser tertentu yang memicu terjadinya pigmentasi. Biasanya bagian yang menjadi lebih gelap ini akan kembali lagi ke warna kulit normal setelah beberapa hari.

Simak Risiko dan Efek Samping dari Laser Wajah Ini

Pantangan Pasca Laser Wajah

Setelah melakukan laser, ada beberapa perawatan dan pantangan yang perlu kamu ikuti. Tujuannya mengoptimalkan hasil dari laser yang telah kamu lakukan. Selain itu, juga untuk meminimalisir efek samping dan risiko terjadinya iritasi. Apa saja pantangan setelah laser wajah? Ini di antaranya:

-          Hindari Penggunaan Bahan Aktif

Pascalaser sebaiknya kamu menghindari produk-produk skincare dengan bahan aktif yang kuat. Misalnya yang mengandung retinol dan asam hidroksi. Untuk mencuci muka pun gunakan sabun wajah yang bahannya ringan.

-          Tidak Membasuh Wajah dengan Air Hangat

Kurangi juga membasuh muka dengan air hangat. Karena wajah yang baru selesai treatment laser kulitnya akan lebih sensitif.

-          Mengurangi Paparan Matahari

Saat hendak bepergian, gunakan pula tabir surya. Kurangi paparan sinar matahari langsung karena dapat mempengaruhi hasil pigmentasi usai laser wajah.

-          Gunakan Perawatan Pasca Laser

Dokter di klinik kecantikan juga akan memberikan serangkaian produk-produk perawatan untuk meredakan efek samping setelah laser. Ikuti larangan dan anjuran dokter untuk menjadikan hasil lasernya maksimal.

Itulah tadi serba-serbi mengenai laser wajah. Tidak menyeramkan, bukan? Selama menggunakan jasa klinik terpercaya proses laser wajah tidak akan berbahaya. Sama seperti treatment laser wajah di The Aesthetics Skin. Dengan dokter dan praktisi-praktisi profesional di The Aesthetics Skin, laser wajahmu terjamin aman dan bebas iritasi.

Mulai perjalanan beautymu bersama The Aesthetics Skin

Klinik terdekatKonsultasi dokterlihat treatment
WhatsApp