Tak Cukup Mencuci Muka? Simak Cara Merawat Kulit Berminyak

June 19, 2022

Memiliki wajah berminyak memang perlu perawatan ekstra karena mencuci muka saja tidak cukup untuk menghilangkan sebum berlebih. Kulit mengkilap biasanya terjadi karena kelenjar seceous memproduksi sebum berlebih. Lalu, gimana cara merawat kulit berminyak yang tepat? Berikut ulasannya.

Cuci Muka 2 Kali Sehari

Mencuci muka dengan teratur menjadi cara yang efektif untuk menghilangkan minyak berlebih di wajah. Minyak yang berlebih perlu dibersihkan agar tidak menyumbat pori dan mencegah timbulnya jerawat. Rutinlah mencuci muka dua kali sehari yaitu pada pagi dan malam hari.
Gunakan sabun wajah yang memang diformulasikan khusus untuk wajah berminyak dan kusam. Produk tersebut biasanya mengandung asam salisilat, asam glikolat atau benzoil peroksida yang baik untuk mengurangi minyak di wajah.

Jangan Lewatkan Toner

Setelah mencuci muka, jangan lupa untuk memakai toner. Toner yang mengandung alkohol bisa menyebabkan kulit kering. Jadi sebaiknya kamu pakai toner non-alkohol. Toner dapat mengecilkan tampilan pori yang besar dan membersihkan produk yang menyumbat pori.

Pakai Moisturizer dan Sunscreen

Mungkin kamu berpikir jika kulit berminyak tidak membutuhkan pelembab. Padahal, apapun jenis kulitnya, kamu tetap perlu memakai pelembab secara rutin. Untuk oily skin, pilihlah produk pelembab yang ringan, bebas minyak dan berbahan dasar air agar tidak menyebabkan produksi minyak berlebih.
Maka, gunakan pelembab di skincare routine kamu pada pagi dan malam hari.
Selain moisturizer, kamu juga perlu memakai sunscreen atau tabir surya ketika siang hari. Kulit yang berminyak serta paparan sinar matahari dapat menjadikan kulitmu kusam. Jadi pastikan untuk pakai sunscreen, terutama ketika akan keluar ruangan.

Double Cleansing

Mencuci muka dengan sabun wajah ternyata belum membersihkan wajah secara menyeluruh baik dari make up, sebum maupun kotoran. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan double cleansing untuk pembersihan kulit dari minyak dan kotoran yang maksimal.
Kamu bisa membersihkan wajah dengan micellar water atau cleansing oil sebelum cuci muka dengan sabun wajah.

Exfoliasi

Penumpukan sebum dan sel kulit mati di wajah dapat menjadi penyebab wajah berminyak dan kusam. Oleh karena itu, kamu perlu melakukan eksfoliasi, baik dengan produk chemical exfo maupun dengan scrub. Lakukan eksfoliasi secara rutin yaitu dua kali seminggu untuk membantu mengangkat sel kulit yang mati.
Jika kulitmu cenderung sensitif, gunakan produk chemical exfo untuk mencegah iritasi.

Pakai Facial Mask

Terakhir, pakai masker wajah. Masker wajah sangat efektif untuk mengatasi wajah berminyak dan membersihkan pori. Jadi bagi kamu yang punya kulit berminyak, perlu rutin memakai masker yang mengandung tanah liat atau clay mask, honey dan oatmeal.
Tanah liat memiliki kandungan mineral yang baik untuk menyerap minyak. Setelah memakai masker, jangan lupa untuk memakai pelembab untuk mencegah kulit menjadi kering.
Selain beberapa cara di atas, kamu juga bisa menghilangkan minyak berlebih dengan memakai kertas isap atau kertas blotting. Kertas ini tidak dapat mengatasi sebum berlebih namun efektif untuk membantu menghisap dan mengontrol minyak di permukaan kulit sehingga wajah tidak terlihat mengkilap.
Jangan menggosok kertas terlalu kuat cukup tempelkan kertas isap di wajah kamu karena menggosoknya dapat menyebabkan iritasi.
Wajah berminyak memang butuh perawatan ekstra karena kulit rentan mengalami penyumbatan pori yang dapat menyebabkan jerawat. Kamu disarankan untuk rutin membersihkan wajah serta memilih produk skincare yang ringan dan tidak berbasis minyak untuk mencegah minyak berlebih.

baca artikel lainnya

Mulai perjalanan beautymu bersama The Aesthetics Skin

Klinik terdekatKonsultasi dokterPrice list clinic
WhatsApp
Price List