Tanda-tanda Kebotakan pada Rambut Pria di Kepala

January 16, 2022

Meskipun treatment rambut sering dilakukan oleh para wanita, ternyata terdapat juga treatment rambut lelaki. Treatment rambut yang biasa dilakukan oleh pria adalah treatment rambut gugur atau kebotakan. Karena pada kenyataannya, pria lebih cenderung mengalami kebotakan.

Hal ini dikarenakan terdapat faktor keturunan yang sering disebut dengan pola kebotakan pria. Sehingga pria lebih rentan mengalami kebotakan di kepala. Sebelum mengalami kebotakan yang parah, perhatikan tanda-tanda kebotakan pada rambut pria di bawah ini agar kamu bisa memilih treatment yang tepat:

1. Rambut jadi Rusak

Tanda pertama yang menjadi awal mula terjadinya kebotakan adalah rambut menjadi rusak. Kerusakan ini bisa ditandai dengan rambut yang patah, rambut mulai kering, dan rambut gampang rontok. Hal ini biasa disebabkan karena kulit kepala yang tidak sehat.

Kulit kepala yang tidak sehat bisa menyebabkan rambut jadi rusak. Karena kulit kepala yang tidak sehat tidak bisa menahan akar rambut. Sehingga rambut jadi lebih mudah rontok, jika sudah parah, bisa-bisa saat sedang memegang rambut, rambut bisa langsung rontok.

2. Rambut Bagian Depan dan Atas Menipis

Umumnya sering terlihat jika seorang pria mengalami kebotakan, maka rambut bagian depanlah yang sering botak. Hal ini memang sering terjadi karena salah satu gejala awal terjadinya kebotakan rambut pria adalah rambut depan dan atas yang mulai menipis.

Biasanya penipisan ini akan terjadi secara bertahap, yang mulanya tidak terlalu terlihat dan hanya rontok beberapa rambut saja. Tapi lama-kelamaan rambut akan semakin tipis hingga kulit kepala mulai terlihat dan tidak tertutupi lagi oleh rambut.

3. Garis Rambut Berubah

Tanda kebotakan pada pria lainnya adalah garis rambut mulai berubah. Garis rambut merupakan batas tumbuh rambut pada kepala bagian depan atas. Hal ini berkaitan dengan tanda sebelumnya yang menunjukkan rambut depan kepala mulai menipis.

Semakin tipis rambut depan kepala, maka garis rambut akan mulai berubah. Biasanya garis rambut akan naik ke bagian atas kepala. Umumnya garis kepala yang berubah ini juga akan membentuk huruf M. Kebotakan pola bentuk M ini memang umum terjadi pada pria.

4. Rambut di Bagian Mahkota Menipis

Bagian mahkota rambut yang dimaksud adalah bagian rambut di puncak kepala. Dan salah satu tanda kebotakan adalah rambut di bagian mahkota mulai menipis. Karena selain bagian depan kepala, bagian mahkota ini juga cukup cepat mengalami kebotakan.

Biasanya setelah bagian mahkota menipis, bekas kebotakan tersebut akan meninggalkan bercak atau tanda kebotakan berupa bintik hitam. Setelah bagian mahkota mulai menipis, lama-kelamaan rambut bagian kepala belakang juga akan ikut mengalami kebotakan.

Jika rambut mahkota mengalami kebotakan, maka akan merusak penampilan secara keseluruhan. Oleh karena itu sudah ada yang menyediakan treatment rambut untuk menumbuhkan rambut. Kebaikan treatment rambut penumbuh rambut ini bisa membuat tampilan rambut jadi kembali seperti semula.

5. Kulit Kepala Terasa Panas saat Terkena Sinar Matahari

Tanda yang terakhir adalah kulit kepala jadi terasa panas saat terkena sinar matahari. Hal ini disebabkan karena rambut mulai menipis sehingga sinar matahari langsung mengenai kulit kepala secara langsung. Jika mengalami kebotakan, kamu akan merasakan panasnya sinar matahari di kulit kepala.

Oleh karena itu jika mengalami kebotakan atau rambut mulai menipis segera lakukan perawatan. Gunakan juga pelindung kepala seperti topi agar kulit kepala tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Itulah beberapa tanda kebotakan pada rambut pria di kepala. Kamu tidak perlu khawatir jika mengalami tanda-tanda ini. Karena kamu bisa treatment rambut di The Aesthetics Skin Clinic. Kami menawarkan treatment rambut terbaik untuk kebotakan dengan PRP Hair Growth yang cocok untuk mengatasi kebotakan.

baca artikel lainnya

Mulai perjalanan beautymu bersama The Aesthetics Skin

Klinik terdekatKonsultasi dokterPrice list clinic
WhatsApp
Price List