Tips Mengenali Kosmetik dengan Merkuri untuk Dihindari

August 25, 2022

Memiliki kulit putih dan bersinar memang menjadi keinginan kebanyakan wanita saat ini, mungkin termasuk kamu. Namun, tahukah kamu? Masih ada produk kosmetik berbahan merkuri yang beredar dan mencantumkan klaim dapat memutihkan kulit dalam hitungan hari.
Walaupun pemerintah sendiri dalam hal ini adalah Badan Penyelenggara Obat dan Makanan (BPOM) telah mengatur regulasi dan pengawasan ketat terhadap produk merkuri. Namun masih ada oknum jahat yang menjual produk tanpa izin.
Nah, Ada baiknya kamu membaca tuntas artikel ini agar kamu lebih berhati-hati dalam memilih produk kosmetik dan simak tips mengenali kosmetik dengan merkuri!

Tentang Merkuri dan Bahayanya

Merkuri adalah jenis logam berat yang terdapat pada kerak bumi, banyak ditemukan pada udara, air, dan tanah. Merkuri atau nama lainnya air raksa, biasanya digunakan dalam dunia medis untuk membantu kerja termometer dan alat ukur tekanan darah.
Zat ini bersifat korosif, yang artinya dapat merusak kulit dan menimbulkan iritasi pada kulit. Lebih dari itu jika kulit terus menurun terpapar merkuri maka zat tersebut akan masuk ke dalam aliran darah. Maka yang terjadi adalah keracunan dan bisa berujung fatal.

Penggunaan Merkuri Pada Kosmetik

Penggunaan merkuri pada produk kosmetik sudah ada sejak dulu. Penambahan merkuri pada kosmetik bukanlah tanpa alasan, merkuri sendiri menjadi zat pengawet agar kosmetik memiliki umur simpan yang lebih lama.
Selain itu, banyak klaim yang beredar bahwa produk ini dapat memutihkan kulit! Setelah ditinjau ada kandungan merkuri. Memanglah benar bahwa merkuri dapat memutihkan kulit karena zat tersebut dapat menghambat pembentukan melanin, yang mana melanin merupakan sel pemberi warna pada kulit.
Orang indonesia pada umumnya memiliki kulit sawo matang atau kuning langsat. Nah, jika kulit kamu terpapar merkuri maka sel melanin akan mati sehingga tidak bisa menghasilkan warna, alhasil membuat kulitmu tampak lebih putih, cerah, dan bersinar dalam waktu singkat.

Seiring dengan kemajuan teknologi dan berkembangnya riset maka produk-produk dengan kandungan yang tidak aman seperti merkuri dihilangkan. Walaupun demikian kamu harus berhati-hati dalam memilih produk kosmetik apalagi yang dapat memutihkan kulit.

Tips Mengenali Kosmetik dengan Merkuri

Sebagai konsumen yang cerdas, kamu perlu melakukan 4 ‘CEK’ sebelum membeli produk kosmetik. Berikut ini adalah tipsnya:

1. Cek Nomor BPOM

Sesuai Peraturan Presiden (PP) No. 21 Tahun 2019 tentang Rencana Aksi Nasional dan Penghapusan Merkuri, maka BPOM bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup, dan Kementerian Kesehatan melakukan pengawasan ketat terhadap produk berbahan merkuri.
Produk krim merkuri tidak akan mendapat nomor izin edar dari Badan POM. Sehingga jika produk kosmetik yang kamu beli belum tercantum nomor BPOM dengan kode NA dan belum ada logo BPOM maka jangan sekali-kali barang tersebut masuk ke keranjangmu.

2. Cek Komposisi Produk

Label kemasan pada produk merkuri biasanya mencantumkan tulisan, seperti mercurous chloride, calomel, mercuric, atau mercurio, atau bisa jadi dengan tulisan asing yang kamu kurang paham bacanya.
Jika produk tidak memiliki keterangan komposisi secara lengkap dan kamu sendiri tidak paham dengan komposisi tersebut maka sebaiknya kamu jangan membelinya walaupun memiliki klaim aman.

3. Cek Aroma

Kamu bisa mengecek produk kosmetik dengan mencium aromanya. Jika mengeluarkan aroma logam yang sangat menyengat, bisa jadi produk kosmetik tersebut ada tambahan merkurinya.

4. Cek Tekstur dan Warna Produk

Produk merkuri dalam bentuk krim, cenderung berwarna abu-abu atau krem yang terlihat mencurigakan. Serta memiliki tekstur yang lengket dan sulit meresap ke dalam kulit.
Sebelum mengaplikasi ke seluruh wajah, sebaiknya oleskan sedikit pada bagian bawah telapak tangan, jika krim tersebut sulit meresap, maka patut dipertanyakan.
Jadi kamu harus lebih berhati-hati dalam membeli produk kosmetik. Jangan termakan dengan klaim yang sangat menggiurkan, karena kemungkinan ada tambahan merkuri.
Nah, agar memiliki kulit putih bersinar sekaligus bonus sehat kamu juga perlu melakukan perawatan kulit. Percayakan pada The Aesthetic Skin Clinic yang sudah memiliki dokter kecantikan terkemuka di Indonesia.

baca artikel lainnya

Mulai perjalanan beautymu bersama The Aesthetics Skin

Klinik terdekatKonsultasi dokterPrice list clinic
WhatsApp
Price List